Sukses

Kenapa Serangan Jantung Bisa Bikin Mati Mendadak?

Tak sedikit kematian mendadak yang didahului oleh serangan jantung. Lalu, kenapa ini bisa terjadi sangat cepat dan fatal?

Klikdokter.com, Jakarta Kasus mati mendadak akibat serangan jantung tentu sudah sering Anda dengar. Padahal sebelumnya orang tersebut tampak sehat-sehat saja. Hal yang lebih mencemaskan, kondisi ini kini sering terjadi pada dewasa muda.

Jantung Anda adalah pompa yang mengalirkan darah, nutrisi, dan oksigen ke seluruh tubuh melalui pipa pembuluh darah. Darah yang berisi oksigen dan nutrisi tersebut diperlukan oleh setiap sel dalam tubuh Anda untuk dapat hidup, termasuk sel dalam otot jantung.

Bisa dibayangkan, jika nutrisi dan oksigen tersebut tidak sampai ke sel otot jantung, maka otot jantung takkan berfungsi dengan baik. Bahkan mengalami kematian sel.

Apa yang terjadi bila sel otot jantung mengalami kematian? Jantung akan kehilangan fungsi sebagai pompa sehingga darah akan terbendung dalam ruang jantung dan paru-paru. Hal ini mengakibatkan paru-paru terendam oleh cairan. Tubuh pun tidak akan mendapatkan oksigen.

Lalu, bagaimana kematian mendadak bisa terjadi? Tidak semua serangan jantung akan berujung pada henti jantung. Namun, pada kasus henti jantung, sekitar 95% penyebabnya adalah serangan jantung.

Serangan jantung terjadi ketika pembuluh darah koroner mengalami penyumbatan. Pembuluh darah koroner adalah pembuluh darah yang memberi makan otot-otot jantung.

Ketika salah satu cabang pembuluh koroner tersumbat dan tidak mendapatkan nutrisi dan oksigen, maka daerah tersebut akan mengalami proses menuju kematian sel permanen.

Sementara hal tersebut terjadi, terdapat gangguan dalam aktivitas listrik jantung yang dapat memicu kekacauan dalam detak jantung. Hal ini membuat jantung tidak mampu memompa darah yang cukup ke otak dan ke jantungnya sendiri.

Akibatnya, seseorang mendadak kehilangan kesadarannya, tidak dapat bernapas, dan dalam beberapa saat meninggal. Inilah yang disebut dengan kematian mendadak.

Untuk mencegah serangan jantung (yang berujung pada mati mendadak), jangan mengabaikan pola hidup sehat dalam keseharian Anda. Terapkanlah dengan maksimal dan konsisten. Ingat, tak ada yang lebih berharga dalam hidup selain kesehatan Anda dan orang-orang yang Anda cintai.

[RS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar