Otot dan Sendi

Hindari 3 Kebiasaan Ini untuk Cegah Nyeri Sendi

Tim Redaksi KlikDokter, 14 Sep 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Apa saja kebiasaan yang dapat memicu nyeri sendi? Temukan jawabannya di sini.

Hindari 3 Kebiasaan Ini untuk Cegah Nyeri Sendi

Nyeri sendi kelihatannya sepele, tetapi nyatanya dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menghindari timbulnya keluhan tersebut.

Apa saja kebiasaan yang perlu dicegah agar tak nyeri sendi?

  1. Sering menggunakan sepatu hak tinggiWalau dianggap dapat menunjang penampilan dan membuat tubuh tampak lebih modis, menggunakan sepatu hak tinggi dapat menyebabkan nyeri sendi jika sering dilakukan.Hal ini dikarenakan sendi pergelangan kaki harus mempertahankan posisi kaki dengan sudut yang berbeda dibandingkan bila menggunakan sepatu yang datar.
  2. Sering mengangkat beban beratMengangkat beban yang terlalu berat dan melebihi kekuatan, dapat menyulitkan sendi tubuh tertentu menopang berat dari beban tersebut. Bila dilakukan terus-menerus, hal ini juga dapat memicu nyeri sendi.
  3. Posisi duduk yang tidak ergonomisTerkadang beberapa pekerjaan tertentu, seperti pekerjaan di kantor, membutuhkan waktu duduk yang lama.Bila posisi duduk tidak nyaman, misalnya, layar tidak sejajar dengan mata sehingga orang harus membungkuk atau mengubah posisi leher, hal ini dapat menyebabkan timbulnya nyeri pada berbagai persendian. Khususnya sendi leher, punggung, kaki, dan sebagainya.

Lalu, bagaimana cara untuk mengatasinya? Pertama-tama, hindarilah kebiasaan-kebiasaan tertentu yang dapat menyebabkan nyeri sendi. Selain itu, juga dapat dilakukan aktivitas peregangan atau stretching secara rutin untuk merelaksasi otot dan persendian.

Anda juga dapat mengonsumsi makanan tertentu untuk membantu menangani nyeri sendi. Contohnya: sayur dan buah yang mengandung vitamin serta mineral yang baik untuk kesehatan otot dan persendian (natrium, kalium, kalsium, vitamin C, dan omega-3).

Untuk omega-3, Anda dapat memperolehnya dari suplemen seperti H2 Health & Happiness Superba Krill Oil. Minyak krill di dalamnya dapat mengurangi peradangan di dalam tubuh. Dengan demikian, Anda dapat mencegah terjadinya nyeri sendi dan melanjutkan aktivitas sehari-hari dengan maksimal.

[RS/ RH]

AdvertorialKebiasaan BurukCegah Nyeri SendiNyeri Sendi

Konsultasi Dokter Terkait