HomeInfo SehatOtot dan SendiCara Merawat Radang Sendi di Lutut
Otot dan Sendi

Cara Merawat Radang Sendi di Lutut

dr. Alvin Nursalim, SpPD, 12 Sep 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Banyak orang yang mengeluhkan radang sendi, khususnya di lutut. Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi gejala keluhan.

Cara Merawat Radang Sendi di Lutut

Peradangan sendi (osteoarthritis) merupakan gangguan yang umum ditemui pada orang tua. Gejala yang timbul biasanya berupa kesulitan untuk berjalan, cepat lelah, kesulitan untuk jongkok, dan gampang jatuh.

Apabila gejala ini tidak ditangani dengan baik, maka dapat menurunkan kualitas hidup penderitanya. Berikut cara merawat sendi lutut Anda agar terhindari dari radang sendi di lutut:

1. Kurangi berat badan

Berat badan berlebih adalah faktor risiko terjadinya osteoarthritis. Berat badan yang berlebihan dapat menyebabkan beban yang berlebih pula pada sendi Anda. Akhirnya sendi lebih mudah rusak dan meradang. Jika berat badan Anda berlebih, maka mulailah turunkan berat badan Anda secara bertahap.

2. Berolahraga secara teratur

Berolahraga dengan tekanan pada sendi yang rendah bisa dilakukan untuk memperkuat sendi. Anda dapat berenang atau menggunakan sepeda statis untuk menjaga kesehatan tubuh. Olahraga penguatan otot sekitar sendi juga bisa dilakukan utnuk menurunkan risiko terjadinya radang sendi.

3. Hindari risiko cedera sendi

Terdapat beberapa risiko terjadinya radang sendi lutut, salah satunya adalah kegiatan yang berulang pada sendi lutut. Cedera pada sendi lutut, seperti pada ligament, dapat menyebabkan struktur sendi berada pada posisi yang tidak seimbang dan meningkatkan risiko osteoarthritis.

4. Kontrol gula darah

Tahukah Anda bahwa diabetes dapat meningkatkan risiko terjadinya cedera lutut? Jika Anda menderita diabetes, mengontrol kadar gula darah merupakan salah satu langkah pencegahan peradangan pada sendi Anda.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk merawat radang sendi pada lutut Anda. Jika peradangan sendi tak kunjung membaik, segera periksakan diri Anda ke dokter.

(DA/ RH)

lututMerawat Radang Sendiradang sendi

Konsultasi Dokter Terkait