Diet dan Nutrisi

Sarapan Susu dan Serealia agar Tak Gampang Penyakitan

dr. Karin Wiradarma, 24 Agu 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Barengi pola hidup sehat Anda dengan rutin sarapan susu dan serealia.

Sarapan Susu dan Serealia agar Tak Gampang Penyakitan

Para ahli setuju bahwa sarapan adalah menu makanan yang paling penting dalam sehari. Setelah melalui berbagai penelitian, sarapan terbukti memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan.

Namun sayangnya, sarapan sering kali dilewatkan oleh banyak orang. Alasan yang paling sering diberikan adalah karena repot, malas, dan takut terlambat.

Padahal Anda tak perlu mengonsumsi makanan ‘berat’ untuk sarapan. Susu dan serealia adalah salah satu menu sarapan yang dapat Anda pilih karena tak hanya praktis, tetapi juga bergizi. Apa manfaat dari sarapan susu dan serealia?

1. Energi untuk Memulai Hari 

Serealia mengandung karbohidrat kompleks yang baik untuk memberikan energi yang cukup untuk beraktivitas dan memulai hari. Jadi, Anda tidak akan lemas lagi sebelum makan siang tiba.

2. BAB Lancar 

Serealia gandum kaya akan serat yang dapat memperlancar buang air besar. Katakan selamat tinggal pada sembelit!

3. Rendah Lemak 

Susu dan serealia adalah menu sarapan yang rendah lemak, sehingga dapat memelihara kesehatan secara keseluruhan.

4. Diet Sukses 

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa rutin sarapan, termasuk dengan serealia gandum, mampu menurunkan angka kegemukan dan dapat membantu menyukseskan diet.

5. Kaya Vitamin Mineral 

Susu dan serealia kaya akan berbagai vitamin, mineral, dan antioksidan yang dapat membantu menjaga kesehatan. Vitamin A, B1, B2, D, asam folat, kalsium, dan besi adalah beberapa di antaranya. Jadi, konsumsi suplemen pun bisa dihemat.

6. Cegah Penyakit 

Banyak studi menunjukkan bahwa konsumsi sarapan dengan susu dan serealia dapat menurunkan risiko darah tinggi dan penyakit jantung.

7. Lebih Pintar 

Lebih dari 22 studi menyatakan, anak-anak sekolah yang mengonsumsi susu dan serealia sebagai sarapan memiliki performa akademis yang lebih baik di sekolah. Selain itu, mereka juga terlihat lebih aktif dan jarang sakit.

Banyak sekali, bukan, manfaat sarapan dengan susu dan serealia? Jadi, tidak ada alasan lagi untuk tidak sempat sarapan, ya!

[RS/ RH]

 

susuSarapanSerelia

Konsultasi Dokter Terkait