HomeInfo SehatKesehatan UmumMengapa Lupa, Sakit Kepala, dan Pusing Sering Muncul?
Kesehatan Umum

Mengapa Lupa, Sakit Kepala, dan Pusing Sering Muncul?

dr. Alvin Nursalim, SpPD, 19 Agu 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Lupa, sakit kepala, dan kepala pusing merupakan beberapa tanda bahwa tubuh mengalami gangguan kesehatan.

Mengapa Lupa, Sakit Kepala, dan Pusing Sering Muncul?

Anda sering lupa, sakit kepala, dan kepala sering pusing? Beberapa keluhan tersebut bisa menjadi tanda tubuh mengalami gangguan kesehatan.

Berikut ini beberapa penyebab yang memicu keluhan lupa, sakit kepala, dan kepala sering pusing:

1. Stres dan cemas

Anda pernah tertekan gara-gara sedang punya banyak masalah? Atau Anda sering merasa cemas dan tidak tenang karena suatu hal?Jika ya, keluhan tersebut bisa jadi muncul karena stres dan cemas. Stres dan cemas membuat seseorang lebih sulit untuk berkonsentrasi. Anda mungkin mudah lupa karena sulit berkonsentrasi gara-gara memikirkan banyak hal.

2. Depresi

Salah satu gejala depresi adalah mudah lupa. Banyak orang berpendapat bahwa gejala depresi yaitu murung, sedih, dan tidak bersemangat. Namun, berbagai gejala tersebut dapat berubah, khususnya pada orang usia lanjut.

3. Kurang tidur

Kurang tidur juga dapat menunjukkan gejala seperti mudah lupa dan pusing. Seiring bertambahnya usia, jumlah waktu tidur tahap dalam (deep sleep) pun semakin berkurang. Hal inilah yang menyebabkan seseorang tidak produktif pada siang hari.

4. Penggunaan alkohol

Konsumsi alkohol dalam jumlah lebih banyak dari seharusnya dapat menyebabkan seseorang mengalami berbagai gejala seperti mudah lupa, sakit kepala, dan pusing. Mengonsumsi alkohol secara berlebihan juga dapat menyebabkan gangguan psikiatri sampai perlemakan hati.

5. Obat

Anda sedang menggunakan obat penenang atau antidepresan? Jika ya, maka berbagai gejala yang muncul bisa jadi karena penggunaan obat-obat tersebut. Anda perlu berkonsultasi dengan dokter jika mencurigai gejala tersebut berkaitan dengan obat penenang atau antidepresan.

Keluhan sering lupa, sakit kepala, dan kepala pusing memang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Anda perlu segera pergi ke dokter bila gejala tersebut tak kunjung hilang.

[BA/ RH]

Sering LupaSakit KepalaPusing

Konsultasi Dokter Terkait