Kulit

Raih Kulit Wajah Bebas Kilap Meski Berminyak

dr. Kartika Mayasari, 01 Agt 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Anda bisa mendapatkan kulit wajah bebas kilap meski berminyak. Ikuti kiat berikut ini.

Raih Kulit Wajah Bebas Kilap Meski Berminyak

Apa masalah yang sering menimpa pemilik kulit berminyak? Benar. Anda yang memiliki kulit berminyak pasti sering merasa terganggu karena kulit wajah yang tampak ‘berkilau’ alias mengilap.

Anda pun terpaksa memoleskan riasan kembali pada wajah di tengah kesibukan kerja. Agar hal itu tidak terjadi, Anda bisa mendapatkan kulit wajah bebas kilap meski berminyak melalui kiat berikut ini:

1. Pilih produk yang tepat

Pilih produk perawatan kulit yang memang khusus diformulasi untuk jenis kulit berminyak. Mulai dari pelembap, sabun, cleansing, toner, dan lainnya.Biasanya, produk tersebut menampilkan tulisan oil free pada kemasannya. Produk tersebut tidak akan membuat kulit wajah tampak lebih mengilap.

2. Rajin membersihkan wajah

Kiat lain untuk meraih kulit wajah bebas kilap adalah dengan membersihkan wajah secara rutin. Hal ini penting untuk mengurangi produksi minyak.Gunakan sabun pencuci wajah khusus untuk kulit berminyak. Kebiasaan rajin mencuci wajah ini juga dapat membantu mencegah munculnya jerawat.

3. Hindari makanan yang memicu produksi minyak

Sebaiknya hindari makanan yang menyebabkan produksi minyak berlebih. Contoh makanan tersebut yaitu makanan pedas, berlemak, dan megandung kalori tinggi.Alihkan pilihan Anda pada buah dan sayur. Buah dan sayur yang mengandung vitamin A, C, dan E, sangat baik untuk kesehatan kulit Anda. Selain itu, minum cukup air putih setiap hari.Konsumsi ekstrak biji anggur dan makanan yang mengandung zinc dan juga baik untuk kesehatan kulit wajah. Zinc merupakan mineral esensial bagi tubuh, sedangkan ekstrak biji anggur merupakan antioksidan kuat yang menyehatkan kulit.

4. Hindari stres

Saat stres, hormon kortisol akan meningkat. Peningkatan hormon ini juga memengaruhi banyaknya minyak yang ada pada kulit Anda. Jadi sebisa mungkin Anda menghindari stres.

Minyak di wajah adalah hal yang normal. Namun, jumlah yang berlebihan dapat mengganggu penampilan. Anda bisa menerapkan beberapa kiat di atas untuk mendapatkan kulit wajah bebas kilap meski berminyak.

[BA/ RH]

Kulit BerminyakKecantikanBebas kilapwajah berminyak

Konsultasi Dokter Terkait