HomeIbu Dan anakKesehatan AnakKenali Perbedaan Diare pada Anak karena Alergi dan Penyakit Lain
Kesehatan Anak

Kenali Perbedaan Diare pada Anak karena Alergi dan Penyakit Lain

dr. Caessar Pronocitro M.Sc Sp.A, 28 Feb 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Diare dapat terjadi karena alergi atau penyakit lain. Lantas bagaimana cara mengetahui diare yang muncul karena alergi?

Kenali Perbedaan Diare pada Anak karena Alergi dan Penyakit Lain

Saat terjadi suatu reaksi yang tidak normal dari sistem imun atau kekebalan tubuh terhadap benda asing, maka anak dikatakan mengalami alergi. Benda asing itu disebut dengan alergen. Salah satu alergen yang dapat menimbulkan gejala alergi berupa diare adalah makanan.

Selain alergi, diare dapat disebabkan oleh infeksi dan intoleransi. Baik infeksi, intoleransi makanan, maupun alergi makanan dapat menimbulkan gejala diare yang disertai mual, nyeri perut, dan muntah-muntah.

Namun, ada beberapa gejala khusus lain yang menunjukkan bahwa diare yang disebabkan oleh alergi makanan, yaitu:

1. Alergi makanan dapat memberikan gejala-gejala lain

Alergi makanan dapat memberikan gejala-gejala penyerta lain seperti ruam, kemerahan dan gatal di kulit, pembengkakan di sekitar mata dan bibir, sesak nafas, kesulitan menelan, atau bahkan penurunan tekanan darah yang berbahaya.Ini terjadi karena sistem kekebalan tubuh yang memberikan reaksi abnormal terhadap makanan yang dianggap sebagai alergen. Sehingga, reaksi ini dapat memengaruhi seluruh sistem tubuh, bukan hanya pencernaan.

2. Umumnya, alergi makanan muncul secara cepat

Alergi makanan umumnya muncul secara cepat. Konsumsi dalam jumlah kecil saja dapat memicu munculnya reaksi alergi. Sebaliknya, gejala intoleransi muncul secara bertahap dan terjadi setelah konsumsi dalam jumlah lebih besar. Infeksi juga umumnya membutuhkan masa inkubasi sebelum munculnya gejala diare.

3. Alergi makanan muncul karena konsumsi makanan tertentu

Alergi makanan akan menimbulkan gejala setelah konsumsi makanan tertentu, yang merupakan alergen bagi anak. Sementara itu, diare karena infeksi tidak hanya dipicu oleh satu jenis makanan tertentu.

Alergi makanan dapat menimbulkan berbagai gejala, salah satunya yaitu diare. Penyebab lain dari diare yakni intoleransi makanan dan infeksi. Hal yang membedakan adalah, pada alergi makanan, reaksi terjadi secara cepat dan mempengaruhi berbagai sistem tubuh.

Mengetahui penyebab diare penting untuk menentukan penanganan yang perlu diberikan untuk anak. Untuk itu, segara berkonsultasi pada dokter anak ketika timbul gejala diare.

[BA/ RH]

 

AnakDiareAlergi

Konsultasi Dokter Terkait