HomeGaya hidupSehat dan BugarKiat Tetap Sehat untuk Pekerja Shift Malam
Sehat dan Bugar

Kiat Tetap Sehat untuk Pekerja Shift Malam

dr. Theresia Rina Yunita, 26 Jul 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Anda pekerja shift malam? Tak ada alasan untuk meninggalkan pola hidup sehat agar terhindar dari penyakit!

Kiat Tetap Sehat untuk Pekerja Shift Malam

Bekerja shift malam memang memiliki tantangan tersendiri, terutama dalam menjaga kesehatan. Bagaimana tidak? Pekerjaan yang mengharuskan Anda mengubah pola jam tidur pasti membuat tubuh sering kali tidak fit dan mudah sakit.

Berikut kiat untuk Anda pekerja shift malam dalam menjaga kekebalan tubuh agar terhindar dari penyakit:

  • Banyak minum air putih saat bekerja

    Asupan cairan dibutuhkan selama bekerja saat malam hari untuk menjaga tubuh tetap fit. Anda pun dapat lebih fokus dan semangat dalam bekerja. Kurang cairan atau dehidrasi dapat memicu berbagai masalah kesehatan.

  • Membayar utang tidur

    Setelah semalaman tidak tidur, pastikan untuk mengganti utang tidur sebanyak jumlah tidur Anda yang semestinya. Misalnya, Anda tidak tidur selama 8 jam saat malam, sebaiknya tidur siang atau sore sebanyak 8 jam juga. Namun, jumlah jam ini tidak harus dibayar dalam sekali tidur atau dapat dibagi dua.

  • Tidur 30 menit sebelum bekerja

    Menabung tidur sebanyak 30 menit akan membuat tubuh tetap segar saat bekerja malam. Namun, hendaknya tidak melebihi 30 menit karena ketika bangun justru Anda akan merasa pusing dan lelah. Jikapun melebihi 30 menit, sebaiknya menyelesaikan satu siklus tidur sekaligus yakni 90 menit.

  • Olahraga rutin

    Jangan malas berolahraga! Olahraga tetap harus dilakukan sekitar 2-3 kali seminggu dengan durasi minimal 30 menit. Anda bisa berjalan kaki keliling kompleks, bersepeda, atau ikut kelas Zumba.

  • Konsumsi sayur dan buah

    Perbanyak konsumsi sayur dan buah Anda. Vitamin dan antioksidan di dalamnya akan menjaga tubuh tetap prima.

  • Minum suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh

    Sebagai pelengkap, Anda dapat mengonsumsi suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Misalnya, suplemen yang mengandung vitamin C atau squalane yang berasal dari ekstrak minyak hati ikan hiu. Keduanya mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda, terutama setelah begadang semalaman.

Jadi, untuk para pekerja shift malam, tetaplah mengutamakan kesehatan agar selalu fit dan fokus di kantor. Selamat bekerja!

[RS/ RH]

Pekerja Shift MalamTips Kesehatan

Konsultasi Dokter Terkait