Kehamilan

Atasi Mual Saat Hamil dengan Jus Buah

dr. Grace Valentine, 26 Jul 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Jus buah dipercaya mampu mengatasi mual saat hamil. Benarkah demikian?

Atasi Mual Saat Hamil dengan Jus Buah

Mual merupakan gejala yang paling sering dialami saat hamil. Jus buah dipercaya mampu mengatasi hal tersebut.

Mual yang terjadi saat hamil disebabkan oleh peningkatan hormon hCG di awal kehamilan (minggu ke 6-8, puncak pada minggu ke 12-14, dan membaik pada minggu ke-22) sampai badan wanita tersebut beradaptasi dengan peningkatan produksi hormon.

Mual saat hamil dapat terjadi sepanjang hari namun dapat memburuk di pagi hari. Hal tersebut dikarenakan perut yang kosong atau jika ibu hamil tidak makan dalam porsi yang cukup.

Asupan cairan yang cukup selama mengalami keluhan mual sangat penting agar Anda tidak mengalami dehidrasi. Bila merasa mual saat minum hindari mengonsumsinya dalam jumlah besar sekaligus.

Air hangat yang ditambahkan dengan jus lemon, jahe, madu atau mint juga telah lama diketahui berkhasiat mengurangi rasa mual. Selain itu, Anda juga dapat memilih makanan yang mengandung banyak cairan atau mengganti minuman Anda dengan jus buah seperti jeruk, wortel, apel atau anggur.

Jus buah merupakan salah satu minuman sehat yang dapat dikonsumsi wanita hamil. Di dalam jus buah terkandung vitamin, mineral, dan antioksidan yang baik untuk ibu hamil dan janin.

Jus buah sangat bermanfaat untuk mengatasi mual saat hamil. Maka konsumsi 1–2 gelas jus buah sehari secara rutin ya!

Bila punya pertanyaan lain seputar topik ini, gunakan fitur Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter untuk konsultasi dengan dokter.

(DA/ RH)

Cara Atasi MualMual Saat Hamilmual

Konsultasi Dokter Terkait