HomeIbu Dan anakKehamilan3 Kelebihan Susu untuk Ibu Hamil Dibanding Susu Biasa
Kehamilan

3 Kelebihan Susu untuk Ibu Hamil Dibanding Susu Biasa

dr. Grace Valentine, 16 Jun 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Konsumsi susu untuk ibu hamil secara rutin akan membuat nutrisi untuk ibu dan janin terpenuhi dengan baik.

3 Kelebihan Susu untuk Ibu Hamil Dibanding Susu Biasa

Kehamilan merupakan salah satu periode yang sangat penting dalam kehidupan wanita. Selama hamil, wanita harus memperhatikan asupan nutrisi. Agar janin tumbuh sehat, konsumsi susu untuk ibu hamil diperlukan sebagai gizi tambahan.

Mengonsumsi susu untuk ibu hamil secara rutin akan membuat nutrisi untuk ibu dan janin dapat terpenuhi dengan mudah. Karena itu, sebagian besar dokter menyarankan ibu hamil untuk mengonsumsi susu untuk ibu hamil.

Namun terkadang rasanya yang kurang nikmat membuat wanita hamil enggan mengonsumsi susu untuk ibu hamil. Akibatnya, tak sedikit yang memilih mengonsumsi susu biasa, seperti susu kedelai. Lantas, adakah perbedaannya?

Berikut ini tiga kelebihan susu untuk ibu hamil dibanding susu biasa:

  1. Susu biasa mengandung protein, karbohidrat, lemak sehat, kalsium, kolesterol, vitamin, dan mineral. Sayangnya, kandungan gizi pada susu biasa dianggap belum cukup untuk memenuhi kebutuhan ibu hamil yang lebih tinggi.Di dalam susu untuk ibu hamil, Anda akan menemukan kadar lemak dan kolesterol yang lebih sedikit dibanding susu biasa. Kadar lemak jenuh yang tinggi pada susu biasa harus diwaspadai, karena tidak baik untuk kehamilan bila dikonsumsi berlebihan.
  2. Susu hamil lebih unggul dari segi kandungan gizi untuk perkembangan saraf janin. Susu hamil dilengkapi dengan kandungan asam folat, AA, dan DHA. Kandungan asam folat diyakini mampu mencegah bayi terlahir dengan kecacatan yang disebabkan oleh masalah neural tube defect.
  3. Susu hamil mengandung tambahan nutrisi lain yang sangat dibutuhkan bagi perkembangan janin seperti zat besi, dan kandungan vitamin dan mineral lain seperti seng, kalsium, fosfor, vitamin A, B1, B2, B6, B12, C, D, dan E. Semua itu terkandung dalam jumlah yang disesuaikan dengan ibu hamil. Dengan adanya nutrisi tambahan ini, maka volume darah pada ibu hamil pun bisa meningkat, sehingga ibu hamil tidak mudah terkena anemia.

Ingat, kehamilan merupakan salah satu periode yang sangat penting dalam kehidupan wanita. Anda harus memperhatikan asupan nutrisi selama hamil. Karena itu, penting untuk mengonsumsi susu, khususnya susu untuk ibu hamil yang diformulasi khusus untuk kehamilan.

Apabila kamu masih memiliki pertanyaan mengenai topik lainnya, jangan ragu untuk menggunakan fitur Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter.

[BA/ RH]

Susu Hamil

Konsultasi Dokter Terkait