HomeIbu Dan anakIbu MenyusuiAnda Ingin ASI Deras? Lakukan 5 Kebiasaan Ini
Ibu Menyusui

Anda Ingin ASI Deras? Lakukan 5 Kebiasaan Ini

dr. Grace Valentine, 16 Jun 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Tak perlu khawatir dengan jumlah ASI. Anda bisa memproduksi ASI deras dengan beberapa kebiasaan ini.

Anda Ingin ASI Deras? Lakukan 5 Kebiasaan Ini

Ibu menyusui sering khawatir dengan jumlah ASI. Ibu menyusui sering merasa bahwa produksi ASI sedikit, sehingga tidak dapat mencukupi kebutuhan ASI bayi.

Alhasil, banyak ibu menyusui berhenti memberikan ASI eksklusif karena merasa produksi ASI sedikit. Padahal sebagian besar ibu menyusui dapat menghasilkan ASI yang cukup untuk bayinya.

Agar dapat memproduksi cukup ASI –bahkan hingga menghasilak ASI yang deras, Anda perlu menerapkan beberapa kebiasaan ini:

  1. Menyusui teratur

    Berikan ASI setiap kali bayi lapar. Berikan dari kedua payudara secara seimbang. Isapan bayi selama menyusui akan merangsang produksi ASI.
  2. Berikan ASI

    Banyak ibu menyusui berpikir bahwa dia memproduksi sedikit ASI, sehingga sering menambahkan susu formula untuk bayi. Padahal, ASI yang diproduksi masih dalam jumlah normal.Cara mudah untuk mengetahui kecukupan ASI pada bayi adalah dengan memerhatikan kenaikan berat badan bayi.Tanda lain bahwa bayi mendapatkan jumlah ASI yang cukup yaitu bayi berkemih 5–8 popok sehari, tampak sehat dan aktif, serta buang air besar berwarna kuning kecoklatan pada usia 5 hari ke atas.Pemberian susu formula justru akan mengurangi rasa lapar bayi, sehingga jumlah ASI yang diinginkan akan semakin sedikit.
  3. Istirahat cukup

    Kekurangan tidur dapat mengganggu produksi ASI.
  4. Hindari stres

    Stres pada ibu akan menghambat produksi ASI dan mengganggu refleks let-down pada payudara (refleks untuk melepaskan susu pada saluran susu) dan membuat bayi tidak mendapatkan cukup ASI.Karena itu, Anda perlu selalu dalam kondisi rileks. Jauhi pikiran negatif, rasa cemas, dan marah. Minta bantuan pasangan, keluarga atau teman untuk mengatasi pekerjaan lain.
  5. Minum yang cukup

    Pada kondisi dehidrasi, ibu akan memproduksi ASI lebih sedikit. Pastikan asupan cairan harian Anda cukup, dan konsumsi makanan yang kaya air seperti buah dan sayuran.

Nah, demikian tadi beberapa kiat untuk menghasilkan ASI deras. Sebagai ibu menyusui, Anda tidak perlu khawatir lagi, ya. Anda hanya perlu fokus menyusui si Kecil.

[BA/ RH]

ASIIbu MenyusuiASI Deras

Konsultasi Dokter Terkait