Sehat dan Bugar

5 Jenis Olahraga Paling Ideal saat Berpuasa

dr. Nadia Octavia, 07 Jun 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Apa saja olahraga yang tepat untuk orang yang berpuasa?

5 Jenis Olahraga Paling Ideal saat Berpuasa

Saat bulan Ramadan, biasanya orang mulai mengurangi aktivitas fisik termasuk olahraga. Mereka menganggap olahraga akan menguras energi dan menimbulkan rasa haus.

Sebetulnya, Anda tak perlu absen olahraga saat berpuasa. Olahraga rutin justru akan membuat stamina semakin fit. Karena itu, agar olahraga tidak bikin lesu, perhatikan pemilihan jenis olahraga, intensitas, dan waktunya.

Sebaiknya Anda berolahraga 30–45 menit menjelang waktu berbuka. Setelah berolahraga, Anda dapat langsung berbuka dengan minuman atau makanan manis untuk menggantikan cairan yang hilang. Atau, bisa juga berolahraga setelah berbuka puasa.

Berikut adalah lima jenis olahraga yang ideal dilakukan pada bulan puasa:

1. Bersepeda Saat puasa

Pilihlah olahraga dengan intensitas ringan. Salah satunya adalah bersepeda. Bersepeda santai dapat membantu membakar kalori serta meningkatkan stamina. Kalori yang terbakar selama sejam bersepeda santai: 300 kalori.

2. Berlari

Olahraga ini mudah, murah, dan dapat Anda lakukan di mana saja. Saat berpuasa, Anda dapat berlari paling tidak 30 menit untuk menjaga tubuh tetap bugar. Hindari lari dengan intensitas tinggi agar terhindar dari dehidrasi. Kalori yang terbakar selama 30 menit berlari: 210 kalori.

3. Yoga

Tak hanya menjaga tubuh tetap fit, yoga juga dapat melatih pernapasan, menguatkan otot, dan meningkatkan konsentrasi. Namun, hindari yoga Bikram (yoga di ruangan bersuhu tinggi) saat berpuasa agar tidak dehidrasi. Kalori yang terbakar selama sejam beryoga: 250 kalori.

4. Pilates

Pilates hampir mirip dengan yoga. Latihan ini tak hanya baik untuk memperbaiki postur tubuh, tetapi juga fleksibilitas. Selain itu, Pilates bukan jenis latihan berintensitas tinggi sehingga tak bikin mudah lelah dan haus. Kalori yang terbakar selama sejam Pilates: 200 kalori.

5. Latihan sit-up, push-up, dan plank

Enggan absen olahraga saat Ramadan, tetapi juga tak ingin puasa batal gara-gara haus dan lemas? Cobalah latihan sederhana ini di rumah: sit-up, push-up, dan plank.Meski sederhana, latihan ini sangat efektif untuk membangkitkan stamina. Lakukan selama 30 menit saja, dan jangan lupa pemanasan terlebih dahulu.

Berpuasa bukan jadi halangan untuk olahraga. Aktivitas fisik justru dapat membuat tubuh lebih fit dan segar dalam menjalani hari. Namun ingat, jangan terlalu memforsir diri Anda.

Jika mulai merasa kepala pusing, berkunang-kunang, atau lemas, segera hentikan latihan Anda. Imbangi olahraga dengan asupan nutrisi yang tepat sebagai sahur dan berbuka Anda dijamin puasa akan lebih fit!

[RS/ RH]

 

puasaOlahragaOlahraga Saat Puasa

Konsultasi Dokter Terkait