Diet dan Nutrisi

Makanan yang Harus Dihindari Saat Puasa

dr. Karin Wiradarma, 03 Jun 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Ingin menjalankan ibadah puasa dengan sukses dan lancar? Hindari makanan-makanan di bawah ini.

Makanan yang Harus Dihindari Saat Puasa

Ramadan menyapa lagi. Umat Islam kembali menjalankan ibadah puasa, menahan hawa nafsu, haus dan lapar dari terbit matahari hingga kumandang azan di sore hari.

Agar ibadah puasa sukses dan lancar hingga satu bulan penuh, sangatlah penting bagi Anda untuk memerhatikan menu makanan yang disantap saat sahur dan berbuka.

Adakah makanan-makanan yang perlu dihindari agar perut tidak ‘ngambek’ saat puasa? Makanan ini di antaranya:

1. Gorengan

Makanan sejuta umat ini harus dikurangi, terutama selama Anda menjalankan ibadah puasa. Sebab makanan yang digoreng dengan banyak minyak dapat membuat badan melar, perut kembung, begah, serta meningkatkan kolesterol di dalam tubuh.

2. Manis

Berbuka dengan yang manis memang baik. Namun ini bukan berarti Anda boleh mengonsumsi makanan tersebut seenak hati. Karena makanan manis yang dikonsumsi berlebihan berisiko tinggi menyebabkan kenaikan berat badan, dan peningkatan kadar gula darah di dalam tubuh.

3. Asin

Makan tanpa garam memang kurang nikmat. Tapi ini bukan berarti Anda harus melulu konsumsi makanan yang berasa asin. Sebab makanan yang terlalu asin dapat menyebabkan tekanan darah melonjak.

4. Gas

Jika tidak ingin kembung seat puasa, hindari makanan yang dapat memproduksi banyak gas. Makanan tersebut antara lain, kol, brokoli, dan kubis.

Dengan menghindari makanan-makanan di atas, ibadah puasa Anda diharapkan bisa lancar jaya dan tetap khusyuk hingga lebaran tiba!

(NB/ RH)

makananpuasaBulan Ramadan

Konsultasi Dokter Terkait