Sukses

Tanpa Disadari, Makanan Ini Sebabkan Kolesterol Tinggi

Jangan abai, ternyata makanan ini bisa menjerat Anda pada kondisi kolesterol tinggi.

Klikdokter.com, Jakarta Kolesterol tinggi sering kali hadir tanpa disadari. Salah satu faktor yang menyebabkan kondisi ini adalah pilihan makan yang salah. Sebab, ada makanan tertentu yang bisa tingkatkan kadar kolesterol di dalam tubuh Anda.

Berikut beberapa makanan bisa menyebabkan kadar kolesterol tinggi:

  1. Minyak dan lemak jenuh

    Minyak dan lemak jenuh dapat mencetuskan kolesterol yang membahayakan tubuh jika dikonsumsi terlalu banyak. Mentega, minyak kelapa sawit, dan minyak kelapa adalah beberapa makanan yang mengandung unsur berbahaya ini.

  2. Lemak trans

    Lemak trans (trans fat) merupakan materi pembentuk lemak dan minyak. Unsur ini meningkatkan kolesterol jahat (LDL), dan risiko penyakit jantung. Beberapa makanan yang mengandung lemak trans adalah margarin, kerupuk, biskuit dan keripik.

  3. Lemak daging

    Lemak daging yang terdapat pada kornet, iga, steak, sosis maupun daging olahan lainnya jika Anda tidak ingin memiliki kadar kolesterol tinggi. Gantilah menu lauk Anda dengan ayam tanpa kulit, ikan, maupun daging sapi tanpa lemak.

  4. Kuning telur

    Telur merupakan sumber makanan yang mengandung kolesterol tinggi, dimana satu butirnya mengandung sekitar 210 mg kolesterol.

  5. Makanan cepat saji (Fast food)

    Burger, kentang goreng, ayam goreng dan beberapa makanan cepat saji lainnya mengandung lemak total dan lemak jenuh yang tinggi. Jika Anda tidak ingin kadar kolesterol tinggi, sebaiknya hindari konsumsi makanan jenis ini terlalu sering.

Agar kolesterol tinggi tidak terjadi, sebaiknya batasi konsumsi makanan di atas. Sebagai gantinya, Anda dapat menambahkan makanan kaya omega 3 fosfolipid seperti salmon, krill, tuna, kerang dan herring ke dalam menu sehari-hari. Dengan ini, risiko Anda terkena penyakit jantung, diabetes atau stroke akan semakin kecil atau bahkan hilang sama sekali.

(NB/ RH)

1 Komentar