Sukses

Mengenal Minyak yang Baik untuk Cegah Kolesterol Tinggi

Penggunaan minyak yang baik adalah salah satu kunci mencegah kolesterol tinggi.

Klikdokter.com, Jakarta Anda pasti tahu bahwa minyak dapat meningkatkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Ini berarti minyak juga turut meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

Namun, meski dapat meningkatkan kadar kolesterol di dalam tubuh, bukan berarti minyak harus dihindari sama sekali. Kuncinya adalah memilih minyak yang baik dan aman bagi kesehatan.

Perlu Anda ketahui, minyak yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari terbagi menjadi dua, minyak jahat dan minyak yang baik.

Minyak Jahat

Minyak jahat menyebabkan kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh meningkat. Ini berarti proses penyempitan pembuluh darah juga lebih cepat terjadi. Minyak jenis ini banyak terdapat pada daging berlemak, keju, mentega, susu, dan es krim. \

Tubuh sebenarnya memproduksi minyak jahat secara alami, sehingga tambahan minyak dari luar membuat kadarnya berlebihan.
Minyak sawit dan minyak kelapa adalah jenis minyak yang sebaiknya dihindari. Caranya adalah dengan membatasi konsumsi gorengan, makanan cepat saji, kentang goreng, ayam goreng, donat dan kue-kue.

Minyak Baik

Minyak baik dapat mencegah terjadinya sumbatan pada pembuluh darah jantung maupun otak. Beberapa contoh minyak jenis ini adalah minyak zaitun, minyak kanola, minyak wijen, minyak jagung, minyak bunga matahari, dan minyak kedelai.

Jadi, agar kolesterol di dalam tubuh tidak meningkat, gunakanlah minyak yang tidak tersaturasi. Bisa minyak kanola, minyak zaitun, atau minyak baik lainnya.

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan minyak zaitun, gunakanlah jenis minyak zaitun ekstra-virgin (extra virgin olive oil). Minyak yang satu ini bisa langsung Anda campurkan pada makanan, tanpa harus menggorengnya terlebih dahulu.

Namun ingat, semua minyak yang baik tetap mengandung kalori. Sehingga, bila dikonsumsi terlalu banyak membuat Anda berisiko mengalami obesitas dan penyakit lain yang menyertainya.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar