Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeGaya hidupSehat dan BugarKiat Agar Tubuh Tetap Fit Selama Puasa
Sehat dan Bugar

Kiat Agar Tubuh Tetap Fit Selama Puasa

dr. Nadia Octavia, 11 Mei 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Tidak repot, inilah rahasia agar tubuh tetap fit selama puasa.

Kiat Agar Tubuh Tetap Fit Selama Puasa

Saat Ramadan tiba, seluruh umat Muslim di dunia wajib menjalankan ibadah puasa. Menahan gejolak hawa nafsu, rasa lapar maupun haus. Mulai dari terbit hingga terbenam matahari.

Di siang hari, tidak sedikit orang yang merasa benar-benar lelah, dan akhirnya terpaksa berbuka. Anda tentu tidak ingin seperti ini, bukan? Tidak perlu repot, inilah yang harus Anda perhatikan:

1. Pola makan saat sahur

Makan saat sahur amat penting, karena makanan yang dikonsumsi akan dijadikan cadangan energi tubuh untuk aktivitas seharian. Karena itu, jangan sampai Anda melewatkan kesempatan untuk sahur. Melewatkannya akan membuat Anda lesu dan kurang berenergi di siang hari.Jadi kunci agar Anda fit seharian saat puasa adalah mengatur pola makan saat sahur. Konsumsilah makanan berkarbohidrat yang tinggi serat, seperti nasi merah atau roti gandum daripada mi instan atau nasi putih agar Anda kenyang lebih lama. Lengkapi juga dengan makanan yang tinggi protein seperti daging tanpa lemak, ayam tanpa kulit, atau ikan yang dikukus/ direbus. Dengan demikian, sel-sel tubuh akan tetap sehat dan sistem kekebalan tubuh Anda pun tetap baik. Jika Anda adalah orang kantoran yang sibuk atau bangun kesiangan, Anda bisa mengonsumsi susu nutrisi pengganti makan. Pilihlah susu nutrisi yang mengandung nutrisi diatas supaya bisa memberikan rasa kenyang lebih lama dan puasa tetap lancar.

2. Atur pola makan saat berbuka

Selain sahur, Anda pun harus benar-benar memerhatikan ritme makan saat buka puasa. Artinya, segala makanan/ minuman yang dimakan saat waktu buka puasa tiba perlu mendapat perhatian khusus. Dengan demikian, berat badan tidak akan meningkat dan Anda pun terhindar dari penyakit saluran pencernaan. Buka puasa merupakan waktu bagi tubuh Anda untuk mengganti cadangan energi yang hilang. Untuk itu perbanyak makanan yang tinggi protein dan serat agar Anda lebih mudah kenyang. Hal ini juga membantu Anda untuk tidak banyak menyantap makanan/ minuman manis yang tinggi kalori. Jika ingin makanan/ minuman yang manis, Anda bisa minum susu rendah lemak namun tinggi serat dan protein sebagai pengganti minuman manis tinggi kalori. Misalnya kolak dan es campur.

3. Berolahraga

Puasa bukanlah alasan untuk tidak olahraga. Justru berolahraga saat puasa sangat dianjurkan karena dapat menjaga stamina dan tubuh tetap fit. Sebaliknya, jika saat berpuasa Anda hanya bermalas-malasan, rasa lapar dan haus akan semakin terasa.Waktu yang dianjurkan untuk berolahraga saat puasa adalah sehabis sahur atau setelah berbuka. Berolahraga di siang hari saat puasa berpotensi menyebabkan kelelahan kronik yang bisa berujung pada dehidrasi. Jenis olahraga yang paling sesuai untuk dilakukan setelah sahur adalah berjalan kaki, atau jogging ringan. Sedangkan di malam hari setelah berbuka, olahraga zumba bisa Anda jadikan pilihan.

Sekarang Anda sudah tahu rahasia tubuh tetap fit selama puasa, bukan? Selamat mencoba dan selamat menjalankan ibadah puasa!

(NB/ RH)

 

puasatubuh fitBadan Tetap Fit

Konsultasi Dokter Terkait