Tulang

Cegah Osteoporosis Sejak Dini, Ini Kiatnya

dr. Alvin Nursalim, SpPD, 22 Nov 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Mencegah osteoporosis harus dilakukan sedini mungkin. Ini kiatnya untuk Anda.

Cegah Osteoporosis Sejak Dini, Ini Kiatnya

Osteoporosis adalah penyakit tulang keropos yang dapat menyerang segala kelompok usia. Mulai dari anak, hingga orang tua. Berita baiknya, penyakit ini dapat dicegah. Semakin dini tindakan pencegahan, semakin kecil risikonya di usia mendatang.

Bagi Anda yang ingin menabung kepadatan tulang agar osteoporosis tidak menyerang kemudian, ini kiat yang harus dilakukan:

1. Berolahraga rutin dan teratur

Olahraga merupakan salah satu pilar utama dalam membentuk tulang yang kuat. Mulailah berolahraga dengan beban yang dapat Anda jangkau. Olahraga mengangkat beban dapat memperkuat tulang dan otot karena merangsang sel pembentuk tulang (osteoblas).

2. Konsumsi makanan sehat

Kunci lain untuk tulang yang kuat adalah diet tinggi kalsium dan vitamin D. Asupan kalsium yang disarankan adalah sebanyak 1.500 miligram per hari. Anda dapat menemukan zat gizi ini dari susu, yoghurt, susu kedelai dan keju.

3. Konsumsi suplemen kalsium

Jika merasa sulit memenuhi kebutuhan kalsium harian, suplemen kalsium dapat Anda jadikan solusinya. Sebelum membelinya, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

4. Hindari rokok dan minuman beralkohol

Rokok dan minuman beralkohol dapat mengganggu kesehatan tulang Anda. Jadi, jika Anda terpapar oleh zat pada rokok ataupun minuman beralkohol, risiko osteoporosis di kemudian hari akan semakin besar.

5. Lakukan sekarang juga

Kepadatan tulang mencapai kepadatan maksimalnya ketika memasuki dekade kedua kehidupan atau ketika Anda berusia 20 tahun. Untuk mencegah osteoporosis, jangan terlambat untuk memulai pola hidup yang sehat.

Tulang yang kuat berawal dari pola hidup yang sehat. Lakukan kiat di atas sekarang juga, agar risiko osteoporosis di kemudian hari dapat diperkecil bahkan Anda singkirkan sama sekali. Salam sehat!

(NB/MFW)

Cegah OsteoporosisOsteoporosis

Konsultasi Dokter Terkait