Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeGaya hidupDiet dan Nutrisi7 Manfaat Sarapan yang Perlu Anda Ketahui
Diet dan Nutrisi

7 Manfaat Sarapan yang Perlu Anda Ketahui

dr. Karin Wiradarma, 05 Mei 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Masih malas sarapan? Baca ini agar Anda tidak lagi melewatkan sarapan!

7 Manfaat Sarapan yang Perlu Anda Ketahui

Sarapan sering dinomorduakan oleh banyak orang. Alasannya beragam, mulai dari sibuk hingga menu sarapan yang membosankan. Padahal, sarapan sangat berpengaruh bagi kesehatan Anda. Berikut ini tujuh manfaat sarapan yang wajib Anda ketahui:

1. Tambahan Nutrisi

Apabila rutin dilakoni setiap hari, sarapan bisa memberikan asupan nutrisi yang banyak dan lengkap. Bagaimana tidak, menu sarapan diketahui kaya akan karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral.

2. Tambahan Energi

Sering lemas dan sulit berkonsentrasi? Mungkin Anda kekurangan energi. Nah, salah satu manfaat sarapan adalah Anda bisa mendapatkan energi yang cukup untuk beraktivitas seharian tanpa takut lemas.

3. Menjaga Berat Badan

Ternyata, mereka yang rutin sarapan dapat menjaga berat badan tetap seimbang dengan lebih baik. Karena saat perut sudah terisi, Anda pun tidak akan kalap ketika makan siang tiba.

4. Menurunkan Berat Badan

Tidak hanya menjaga berat badan tetap stabil, sebanyak 80% orang yang sarapan lebih berhasil menurunkan berat badannya ketimbang mereka yang jarang sarapan. Tidak tanggung-tanggung, kelebihan berat badan yang berhasil dibuang mencapai 15 kilogram.

5. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Siapa sangka, salah satu manfaat sarapan adalah membuat anak lebih pintar? Berbagai penelitian menunjukkan bahwa anak yang rutin sarapan memiliki nilai dan konsentrasi yang lebih tinggi ketimbang anak yang tidak sarapan.

6. Mencegah Penyakit Jantung

Sebuah penelitian dari Universitas Harvard menemukan bahwa pria yang sering melewatkan sarapan berisiko terkena penyakit jantung 27% lebih tinggi ketimbang mereka yang rutin sarapan.

7. Mencegah Diabetes

Rutin sarapan pagi dapat menyeimbangkan kadar gula darah dan mencegah resistensi insulin, yang merupakan dasar terjadinya penyakit kencing manis.

Banyak sekali, bukan, manfaat sarapan bagi tubuh? Jadi, siap untuk rutin sarapan, dong?

[RS]

Manfaat SarapanSarapan

Konsultasi Dokter Terkait