Diet dan Nutrisi

Inilah Alasan Mengapa Sarapan Itu Penting

dr. Karin Wiradarma, 04 Mei 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Sarapan tak kalah penting dari makan siang atau makan malam. Apa sajakah manfaatnya?

Inilah Alasan Mengapa Sarapan Itu Penting

“Asal isi ala kadarnya saja, yang penting cukup menahan sampai makan siang.” Kira-kira demikian pendapat orang pada umumnya tentang sarapan. Kebanyakan orang masih menganggap sarapan tidaklah penting. Mereka masih lebih menomorsatukan makan siang dan makan malam.

Namun, pendapat tersebut harus ditelaah ulang. Karena berbagai penelitian telah membuktikan pentingnya sarapan bagi tubuh. Apa saja?

1. Performa di Kantor

Mereka yang sering melewatkan sarapan rata-rata memiliki performa yang kurang optimal di kantor. Hal ini disebabkan karena energi yang dibutuhkan tubuh dan otak untuk beraktivitas dan berpikir kurang (karena tidak sarapan pagi). Akibatnya, Anda pun sulit konsentrasi dan mudah lemas.

2. Performa di Sekolah

Tidak hanya orang dewasa, sarapan juga penting untuk anak sekolah. Anda ingin si kecil lebih cemerlang dan berprestasi di sekolah? Awali harinya dengan sarapan pagi yang sehat dan bernutrisi setiap harinya.

3. Sukses Berdiet

Ingin diet sukses dan mendapatkan berat badan idaman? Sarapan adalah salah satu jawabannya! Berbagai penelitian menunjukkan bahwa orang yang rutin sarapan setiap hari lebih berhasil menurunkan berat badannya daripada mereka yang tidak rutin sarapan.

4. Mencegah Penyakit

Rutin sarapan juga dapat mencegah berbagai penyakit, lho. Penelitian menyebutkan bahwa sarapan rutin dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan kencing manis. Hebat, ya?

Luangkan pagi hari Anda untuk menyiapkan sarapan. Perut riang, konsentrasi meningkat, penyakit pun tak berani mendekat. Jadi, mau sarapan apa hari ini?

[RS]

Manfaat SarapanKesehatanSarapan

Konsultasi Dokter Terkait