Kehamilan

Pilihan Makanan untuk Ibu Hamil yang Sibuk Bekerja

dr. Sara Elise Wijono MRes, 26 Apr 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Meski sibuk bekerja, mengonsumsi makanan sehat tetap menjadi sebuah kewajiban. Khusunya bagi para ibu hamil.

Pilihan Makanan untuk Ibu Hamil yang Sibuk Bekerja

Pekerjaan menuntut segalanya selesai tepat waktu. Tidak jarang, para pekerja sampai lupa untuk menerapkan pola makan sehat. Kondisi ini tentu sangat berbahaya, apalagi bagi ibu hamil.

Kehamilan merupakan saat dimana seorang wanita harus benar-benar memperhatikan makanan yang masuk ke dalam tubuhnya. Jika tidak, maka janin tidak akan mendapatkan cukup nutrisi untuk berkembang.

Jika Anda adalah ibu hamil yang sibuk bekerja dan tidak ingin mengalami hal di atas, pastikan makanan ini ada dalam menu sehari-hari:

  1. Sayuran hijau 

Sayuran berdaun hijau, seperti bayam, selada, dan kubis, sangat baik bagi ibu hamil. Karena sayuran ini kaya akan asam folat dan zat besi. Asam folat penting untuk mencegah cacat tabung saraf (neural tube defect). Sedangkan zat besi penting untuk mencegah terjadinya anemia selama kehamilan.

  1. Kacang-kacangan 

Kacang-kacangan kaya akan protein dan asam folat. Protein dapat membantu pertumbuhan jaringan janin, termasuk otaknya. Juga membantu pertumbuhan jaringan payudara maupun rahim serta meningkatkan suplai darah pada ibu hamil.

  1. Daging 

Daging kaya akan protein dan zat besi. Setiap harinya, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi 2-3 porsi daging atau sumber protein lainnya. Pastikan daging yang dikonsumsi benar-benar dalam keadaan matang.

  1. Buah-buahan yang kaya vitamin C 

Buah-buahan kaya akan vitamin C yang baik untuk penyembuhan luka, pertumbuhan gigi dan tulang, juga proses metabolisme. Beberapa jenis buah yang mengandung banyak vitamin C adalah jeruk, stroberi, manga, tomat, dan kiwi.

  1. Susu hamil 

Susu hamil mengandung kalsium untuk membantu perkembangan tulang dan gigi janin. Vitamin D dalam susu turut bekerja untuk melindungi ibu hamil dari diabetes gestasional.

Sedangkan vitamin E untuk menangkal radikal bebas dan vitamin A untuk kesehatan mata dan sistem kekebalan tubuh. Agar tidak repot, Anda dapat memilih susu hamil kemasan UHT yang dijual bebas di pasaran.

Untuk ibu hamil yang sibuk bekerja, ingatlah untuk tidak makan sembarangan, apalagi sampai lupa makan. Sebab bukan hanya Anda yang akan menderita, tetapi juga janin yang ada dalam kandungan Anda.

(NB/ RH)

Kehamilanmakanan

Konsultasi Dokter Terkait