Sukses

Memilih Sabun Sesuai Jenis Kulit

Banyak sekali jenis sabun yang tersedia di pasaran. Tapi, manakah yang terbaik untuk jenis kulit Anda?

Klikdokter.com, Jakarta Tidak semua sabun cocok untuk semua jenis kulit. Jika salah memilih sabun, bisa-bisa kulit Anda jadi kusam dan iritasi. Karena itu, sebelum membeli sabun, ada baiknya untuk mengenali jenis kulit Anda terlebih dulu. Berikut ini panduan dalam memilih sabun berdasarkan jenis kulit:

Kulit kering

Kulit kering dapat ditandai oleh adanya sisik halus, atau rasa kencang seperti tertarik pada kulit setelah mandi. Terkadang bisa sampai menimbulkan rasa gatal.

Agar kulit tidak semakin kering, dianjurkan untuk mandi dua kali sehari dengan pembersih yang lembut dan tidak mengandung banyak detergen. Dapat juga menggunakan sabun yang memiliki kandungan pelembap.

Selain membersihkan kulit, sabun berpelembap akan meninggalkan lapisan pelembap di atas permukaan kulit. Serta tidak menimbulkan rasa kesat setelah dibilas.

Kulit berjerawat

Kulit yang berjerawat biasanya cenderung berminyak. Gunakan pembersih berbusa (foamy) yang bersifat oil-free, non-comedogenic, dan mengandung asam salisilat atau benzoyl peroxide untuk membantu mengurangi jerawat. Membersihkan tubuh atau wajah dapat dilakukan 2-3 kali sehari.

Kulit sensitif

Kulit yang sensitif mudah iritasi atau memerah. Karena itu, hindari terlalu sering berkontak dengan sabun. Dengan aktivitas keseharin yang tidak ekstrim, membersihkan kulit satu kali sehari cukup.

Jangan menggunakan produk pembersih yang mengandung pewangi atau alkohol, agar kulit sensitif tetap terjaga kesehatannya. Penggunaan sabun berpelembap dianjurkan, karena dapat meningkatkan ‘pertahanan’ pada kulit yang sensitif.

Dengan memilih sabun yang sesuai, kondisi kulit Anda akan selalu sehat, lembut, dan indah.

[RS]

0 Komentar

Belum ada komentar