Sukses

Kulit Berminyak Tidak Butuh Pelembap?

Jangan sampai kulit Anda kusam akibat lupa pakai pelembap. Tapi, bagaimana jika kulit Anda berminyak?

Klikdokter.com, Jakarta Pemilik kulit berminyak biasanya sering bingung, apakah harus menggunakan pelembap atau tidak. Sebagian besar khawatir bila pelembap akan membuat kulit semakin berminyak.

Pada prinsipnya, kulit harus selalu terhidrasi dengan baik, tak terkecuali bagi kulit berminyak. Salah satu cara agar kulit tidak dehidrasi adalah dengan penggunaan pelembap.

Mengapa kulit berminyak butuh pelembap? Memang terkesan sangat kontradiktif untuk mengoleskan pelembap di atas kulit yang kelihatannya sudah ‘lembap’ karena berminyak. Faktanya, pelembap dapat menolong kulit yang berminyak.

Pelembap yang tepat tidak hanya dapat membantu mengurangi produksi sebum. Tekstur kulit juga dapat menjadi lebih baik. Ada beberapa hal yang perlu diketahui untuk bisa memahami ini.

Semua sel di tubuh membutuhkan air untuk bisa bekerja dengan baik, termasuk sel kulit. Minyak yang diproduksi oleh kulit tidak bisa disetarakan dengan tingkat hidrasi kulit atau kadar air di kulit. Jadi, kulit berminyak belum tentu memiliki kadar air yang cukup.

Namun sebaliknya, bila kulit memiliki kadar air yang cukup, dengan sendirinya kulit akan menjadi lebih lembap. Berbeda dengan lembab karena berminyak, lembab karena kecukuan kadar air ini dapat dipertahankan dengan menggunakan pelembap yang tepat.

Menggunakan pelembap yang tepat akan membantu menjaga kecukupan kadar air di dalam kulit. Hal ini memungkinkan proses regenerasi kulit dapat berjalan dengan baik dan kulit menjadi lebih halus.

Nah, pelembap seperti apa yang dianjurkan untuk kulit berminyak? Pilihlah pelembap yang memiliki label oil-free.

Meski demikian, beberapa jenis minyak dapat digunakan untuk kulit berminyak. Contohnya tea tree dan minyak jojoba. Keduanya memiliki tekstur yang ringan dan mudah menyerap tanpa menimbulkan rasa lengket.

Hindari pelembap yang memiliki kandungan parafin, dimetikon, lanolin, atau petroleum. Kandungan tersebut dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan rasa lengket.

Sudah jelas, bukan? Pelembap bukan hanya untuk kulit normal atau kering saja, tapi untuk semua jenis kulit termasuk kulit berminyak.

[RS/MFW]

0 Komentar

Belum ada komentar