HomeInfo SehatOtot dan SendiBrokoli Ampuh Atasi Nyeri dan Radang Sendi, Benarkah?
Otot dan Sendi

Brokoli Ampuh Atasi Nyeri dan Radang Sendi, Benarkah?

dr. Valda Garcia, 05 Feb 2023

Ditinjau Oleh dr. Valda Garcia

Icon ShareBagikan
Icon Like

Konsumsi brokoli ternyata berkhasiat bagi kesehatan sendi. Simak manfaat brokoli mengatasi radang dan nyeri sendi di sini.

Brokoli Ampuh Atasi Nyeri dan Radang Sendi, Benarkah?

Dalam pola makan sehari-hari, kamu sebaiknya juga makan brokoli. Mengapa? 

Brokoli merupakan sayuran hijau yang mengandung berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Salah satu manfaat brokoli adalah untuk penyakit radang sendi.

Manfaat Brokoli untuk Penyakit Radang Sendi

Porsi 100 gr brokoli terdiri atas 2,82 gr protein, 2,6 gr serat, 47 mg kalsium, dan 89,2 mg vitamin C.

Berdasarkan penelitian dalam jurnal Arthritis & Rheumatism, kandungan nutrisi brokoli dapat membantu mengurangi peradangan sendi, salah satunya osteoartritis.

Studi dilakukan pada hewan yang diberi pola makan tinggi sulforaphane (zat pada brokoli). Hasilnya, risiko kerusakan tulang rawan dan sendi pada objek penelitian menjadi lebih rendah. 

Sulfur tersebut diduga menghambat enzim yang menyebabkan peradangan pada tulang dan sendi.

Sementara, berdasarkan Journal of Pharmaceutical Sciences and Research, perokok laki-laki yang diberi asupan brokoli 250 gr per hari selama 10 hari mengalami penurunan C-reactive protein (CRP) darah hingga 48 persen. 

C-reactive protein (CRP) adalah indikator peradangan di dalam tubuh.

Kemudian, penelitian pada hewan yang dilakukan di National Cancer Institute menyebutkan brokoli dapat berperan sebagai antikarsinogen, antiviral, antibakteri, dan mengurangi peradangan.

Tips Konsumsi Brokoli untuk Penderita Radang Sendi

Sampai saat ini tidak ada rekomendasi khusus terkait porsi brokoli yang harus dikonsumsi setiap hari untuk membantu mengatasi radang sendi.

Hal yang perlu diperhatikan adalah pengolahan brokoli, seperti memblansir, memasak, atau memotong brokoli, yang mana dapat memengaruhi kandungan nutrisi di dalamnya. 

Beberapa nutrisi yang terpengaruh antara lain glukosinolat, sulforaphane, polifenol, dan antioksidan lainnya. 

Oleh karena itu, hindari memasak brokoli terlalu lama ataupun dengan suhu tinggi agar kandungan gizi di dalamnya tidak hilang.

Kalau kamu atau anggota keluarga mengeluhkan radang sendi, jangan ragu makan brokoli! Yang penting, jangan makan berlebihan, ya.

Cari tahu pola makan sehat untuk kesehatan sendi lainnya di aplikasi KlikDokter. Kamu juga bisa langsung konsultasi lewat fitur Tanya Dokter.

(FR/JKT)

BrokoliNyeri Sendi

Konsultasi Dokter Terkait