Kesehatan Bayi

Kacang Hijau, Alternatif Menu MPASI untuk Anak

dr. Karin Wiradarma, 30 Mar 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Bingung mengatur variasi menu MPASI untuk anak? Kacang hijau dapat menjadi salah satu pilihan Anda.

Kacang Hijau, Alternatif Menu MPASI untuk Anak

Kacang hijau telah dikonsumsi oleh penduduk di dataran Cina sejak 2000 tahun silam. Namun sebenarnya makanan yang satu ini tak hanya dikenal oleh penduduk di Cina, dan negara Asia lainnya –seperti India, Bangladesh, Pakistan, dan Indonesia.

Selain nikmat dan mudah didapat, kacang hijau dapat diolah menjadi bubur, sup, kari, dan salad. Bahkan Anda bisa memanfaatkannya sebagai alternatif variasi menu MPASI bagi anak Anda.

Saat anak Anda memasuki usia 6 bulan, MPASI sudah mulai bisa diberikan. Sebagian anak cenderung akan merasa bosan dengan jenis makanan yang monoton.

Mengapa kacang hijau baik bagi anak- anak? Berikut manfaat kacang hijau yang baik bagi kesehatan:

  1. Tinggi ProteinKacang hijau terdiri dari 20- 24% protein. Kandungan protein tinggi yang terdapat dalam semangkuk bubur kacang hijau dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan otak, otot, membantu metabolisme, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak.
  2. Tinggi KarbohidratKandungan karbohidrat dalam kacang hijau 50-60% lebih banyak daripada kacang kedelai. Karbohidrat sangat penting sebagai sumber energi untuk aktivitas dan tumbuh kembang anak.
  3. Tinggi SeratKacang hijau mengandung tinggi serat, sehingga baik untuk kesehatan pencernaan anak Anda.
  4. Kaya Vitamin dan MineralDalam semangkuk bubur kacang hijau yang si Kecil konsumsi sudah terdapat vitamin dan mineral yang cukup lengkap. Mulai dari vitamin A, B, C, D, E, K, kalsium, potasium, zat besi, fosfor, dan zink.

Setelah mengetahui segudang manfaat kacang hijau, tentu kini Anda tidak ragu lagi untuk memberikan bubur kacang hijau sebagai alternatif variasi menu MPASI. Selamat mencoba!

(DA/ RH)

MPASIBayikacang hijau

Konsultasi Dokter Terkait