Kehamilan

4 Cara untuk Meningkatkan Kesuburan Wanita

dr. Dyah Novita Anggraini, 21 Mar 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Tingkat kesuburan wanita dipengaruhi oleh banyak hal. Apa sajakah?

4 Cara untuk Meningkatkan Kesuburan Wanita

Sedang mempersiapkan diri untuk hamil? Hal utama yang harus segera Anda lakukan adalah menerapkan gaya hidup sehat. Sebab, kesuburan wanita dan kemungkinannya untuk hamil akan meningkat bila tubuh dalam kondisi sehat.

Penelitian menunjukkan bahwa sekitar 84% pasangan akan hamil dalam setahun pertama, bila berhubungan seks secara teratur dan tidak menggunakan kontrasepsi. Jika tidak terjadi kehamilan di tahun pertama, 50%-nya akan hamil pada tahun kedua.

Namun hal tersebut di atas erat kaitannya dengan tingkat kesuburan seorang wanita. Untuk meningkatkan kesuburan, ada empat hal yang wajib Anda perhatikan:

  1. Perhatikan pola makan dan olahraga Makanan yang dikonsumsi memengaruhi nutrisi, fungsi sel, fungsi hormon, dan tentunya kesuburan seorang wanita. Jangan lupa untuk mengonsumsi suplemen bila Anda tidak dapat mengonsumsi jenis makanan tertentu untuk mencukupi nutrisi Anda.Olahraga juga tak kalah penting. Berat badan berlebih berpotensi untuk menurunkan kesuburan. Jumlah lemak yang berlebih atau terlalu sedikit juga dapat mengganggu siklus haid, yang selanjutnya mengganggu kesuburan.
  2. Hindari alkohol, kafein, dan rokok Penelitian menunjukkan bahwa minum kopi lebih dari lima gelas sehari (setara dengan 500 mg kafein) dapat menurunkan kesuburan. Konsumsi kafein yang masih diizinkan maksimum 200 mg per hari.Sementara itu, konsumsi alkohol dua gelas per hari dapat menurunkan kesuburan sebesar 60%. Alkohol juga dapat meningkatkan risiko kelainan pada janin.Sama seperti kafein dan alkohol, rokok juga dapat memengaruhi kesuburan. Rokok dapat membuat rahim kurang reseptif terhadap hasil konsepsi (pembuahan). Sebaiknya Anda berhenti merokok sebelum mencoba untuk hamil.
  3. Hubungan seks secara teratur Frekuensi berhubungan seks yang dianjurkan adalah 2- 3 kali per minggu. Hubungan seks terlalu sering ataupun terlalu jarang dapat berpengaruh pada kualitas sperma.
  4. Konsumsi asam folat Selain bagus untuk perkembangan saraf janin, asam folat juga bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan. Studi menunjukkan bahwa asam folat dapat menurunkan kejadian kegagalan ovulasi.Makanan yang mengandung asam folat adalah asparagus, brokoli, dan sayuran hijau lainnya. Rekomendasi jumlah konsumsi asam folat harian adalah 400 mikrogram sehari.

Nah, itulah empat cara untuk meningkatkan kesuburan wanita. Semoga kiat di atas dapat membantu Anda cepat hamil.

Apabila kamu masih memiliki pertanyaan mengenai topik lainnya, jangan ragu untuk menggunakan fitur Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter.

[RS/ RH]

KehamilanKesuburan Wanita

Konsultasi Dokter Terkait