Sukses

Posisi Tidur yang Tepat saat Hamil 8 Bulan

Kesulitan mencari posisi tidur di saat hamil 8 bulan? Tenang, ini solusinya.

Klikdokter.com, Jakarta Bagi mereka yang sudah masuk usia hamil 8 bulan, menentukan posisi tidur yang tepat bukanlah perkara mudah. Alasannya apa lagi, kalau bukan perut yang semakin besar, nyeri punggung, dada seperti terbakar, dan sesak napas?

Meski terlihat sepele, posisi tidur yang tidak tepat berpotensi menyebabkan ibu dan janin mengalami gangguan kesehatan yang cukup serius. Sebagai solusi, ini kiat yang perlu dilakukan:

  • Tidur miring ke kiri

    Seiring bertambahnya usia kehamilan, wanita hamil dianjurkan untuk tidur miring ke kiri. Ini untuk mencegah terjadinya pembengkakan akibat penumpukan cairan. Di samping itu, tidur miring ke kiri juga membuat aliran darah dan nutrisi ke janin tetap lancar.

  • Letakkan bantal di bawah perut

    Saat tidur menyamping, bantal yang diletakkan di bawah perut berfungsi sebagai penopang. Ini bertujuan agar perut tidak mengalami tekanan berlebihan saat tidur. Sebagai tambahan, Anda juga dianjurkan untuk meletakkan bantal di bawah dada saat tidur menyamping guna mengurangi gejala sesak napas.

  • Posisikan kepala lebih tinggi

    Agar lebih tinggi, tumpukkan beberapa bantal di bawah kepala Anda. Ini bermanfaat mencegah naiknya refluks asam lambung ke bagian dada, sehingga efektif mengurangi keluhan dada seperti terbakar (heartburn).

  • Topang kaki dan punggung

    Menopang kedua kaki hingga betis menggunakan bantal, efektif untuk membuat tidur menjadi lebih nyaman. Tindakan ini akan lebih baik jika bantal juga diletakkan di belakang punggung, untuk menopang area punggung dan pinggang.

Jika kiat di atas belum mampu mengatasi masalah posisi tidur yang Anda hadapi saat hamil 8 bulan, jangan ragu untuk segera berkunjung ke dokter kandungan. Selamat mencoba!

(NB/ RH)

1 Komentar