Sukses

5 Makanan Sehat Untuk Penderita Kolesterol Tinggi

Perhatikan asupan makanan Anda untuk menjaga kadar kolesterol. Berikut ini beberapa makanan sehat untuk penderita kolesterol tinggi.

Klikdokter.com, Jakarta Salah satu kunci untuk menjaga kadar kolesterol adalah menjaga asupan makanan. Artinya, bahan makanan harus sehat, diolah dengan tepat, dan dikonsumsi dengan jadwal yang teratur. Selain itu, terapkan pula olahraga secara teratur.

Olahraga rutin dan makan-makanan sehat secara teratur juga menurunkan risiko serangan jantung secara signifikan. Berikut ini beberapa makanan sehat untuk penderita kolesterol tinggi.

  1. Ikan Laut

    Ikan salmon, sardin, mackerel atau tuna memiliki banyak kandungan omega 3 yang berperan sebagai anti oksidan dan anti radang yang turut menjaga kesehatan pembuluh darah jantung. Salmon memiliki efek anti pembekuan darah untuk menjaga aliran darah lancar. Selain itu, ikan laut berfungsi untuk membantu menaikkan kadar kolesterol baik dalam tubuh kita.

  2. Roti Gandum dan Beras Merah

    Dibandingkan dengan nasi putih, roti gandum dan beras merah sebagai sumber karbohidrat lebih mampu menjaga kadar gula darah tidak meningkat terlalu tinggi. Hal ini disebabkan karena gandum mengandung serat yang tinggi, kaya mineral, dan juga vitamin. Tak heran jika gandum bisa mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, hingga kanker.

  3. Sayuran dan Buah

    Berbagai jenis sayuran hijau dan buah buahan sangat bermanfaat untuk memberikan asupan serat, dan memberikan efek kenyang sehingga mencegah kita makan berlebihan dan kelebihan kalori. Kandungan nutrisinya juga kaya dan memberikan rasa segar. Sayuran hijau seperti selada, bayam, dan sawi memberikan serat yang cukup untuk menangkal lapar tanpa perlu terlalu banyak nasi.

    Buah-buahan juga bisa dijadikan sebagai camilan. Buah-buahan segar seperti apel dan semangka dapat menyegarkan mulut dan membantu kita menahan godaan camilan manis tinggi kalori di sela-sela menu makan utama.

  4. Kacang-kacangan

    Beragam jenis kacang relatif mudah ditemukan, seperti kacang hijau, kacang merah, kacang polong, dan edamame. Kacang-kacangan selain memberikan asupan protein, dalam kadar tertentu juga bermanfaat menurunkan kadar kolesterol jahat dan membantu menjaga kadar gula darah dengan tetap memberikan rasa kenyang. Namun, hati-hati dengan porsinya.

    Karena jumlah yang terlalu banyak tetap akan menambah jumlah kalori. Kalori yang berlebih tetap akan menaikkan berat badan Anda di kemudian hari.

  5. Fitosterol

    European Heart Association memberikan pedoman penanganan kolesterol. Pedoman itu membahas tentang suplemen makanan yang dapat menurunkan kolesterol pada orang dengan kolesterol cenderung tinggi, yang belum membutuhkan obat. Atau pada orang-orang yang sudah minum obat tapi masih sulit mengendalikan kadar kolesterolnya.

Salah satu yang terbukti melalui penelitian klinis adalah golongan fitosterol. Konsumsi plant stanol ester 2 g/ hari bersama makanan lain ternyata dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat.

Bagaimana mendapatkannya dalam kehidupan sehari- hari? Mudah saja. Senyawa tersebut tersedia di pasaran dalam bentuk minuman smoothies dan sereal yang sudah diformulasi oleh fitosterol dengan nama plant stanol ester.

Nah, demikian tadi beberapa makanan sehat untuk penderita kadar kolesterol tinggi. Ingat, selain pemilihan ragam makanan yang sehat untuk jantung, penting juga cara pengolahannya. Mengolah makanan dengan dikukus dan dipanggang adalah rekomendasi utama.

(BA/MFW)

0 Komentar

Belum ada komentar