Sukses

Mengapa Anak Lebih Sering Alergi Dibandingkan Orang Dewasa?

Alergi kerap menimpa anak-anak. Tapi, apa benar kejadiannya lebih sering daripada orang dewasa?

Klikdokter.com, Jakarta Anda mungkin pernah bertanya-tanya mengapa si Kecil lebih sering alergi dibandingkan kedua orangtuanya. Hal ini sebenarnya terkait dengan perkembangan sistem kekebalan tubuh.

Sistem kekebalan berkembang untuk melindungi tubuh dari benda- benda asing. Pada anak- anak, sistem tersebut belum banyak mengenali bahan-bahan yang berasal dari luar tubuh. Akibatnya timbul reaksi yang tidak normal atau alergi.

Tapi Anda tak perlu langsung gusar. Beranjak dewasa, sistem kekebalan tubuh akan lebih banyak mengenali bahan- bahan dari luar tubuh. Inilah alasan mengapa alergi lebih jarang menyerang orang dewasa.

Nah, berhubung alergi lebih sering menyerang anak-anak, maka penting bagi Anda untuk melindungi anak dari paparan alergen. Mulailah dengan mengenali gejala alergi. Umumnya reaksi yang timbul adalah batuk, bersin, hidung tersumbat, dan ruam kulit yang gatal.

Sementara itu, reaksi yang lebih berat dapat berupa sesak napas, diare, muntah, atau menurunnya tekanan darah secara drastis. Gejala biasanya timbul dalam waktu lima sampai tiga puluh menit setelah adanya kontak dengan sumber alergi atau alergen.

Hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah alergen pencetus alergi. Salah satu alergen yang paling sering adalah makanan. Jika ini yang menjadi penyebabnya, maka pilihlah makanan untuk anak dengan lebih cermat.

Bagaimana dengan alergen lainnya? Jika anak Anda mengalami gejala alergi setiap kali meminum obat baru, pantau munculnya tanda alergi sampai dua jam setelah anak Anda minum obat tersebut.

Begitu juga jika anak Anda alergi debu. Sebisa mungkin hindari menggunakan karpet di rumah. Jika terdapat karpet, bersihkan secara rutin dari debu dengan menggunakan vacuum cleaner.

Dengan mengenali dan menghindari paparan alergen, alergi pada anak Anda bisa dicegah. Ia pun akan menjadi aktif dan cerita seperti sedia kala. Bye-bye allergies!

[RS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar