Sukses

Onani Bikin Osteoporosis, Mitos atau Fakta?

Apakah onani merupakan salah satu kebiasaan yang bisa menyebabkan osteoporosis? Temukan jawabannya di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Kekuatan tulang memang dipengaruhi oleh banyak faktor. Selain nutrisi dan olahraga, beberapa kebiasaan juga turut menentukan seberapa sehat dan kuatnya tulang. Apakah onani merupakan salah satu kebiasaan yang bisa menyebabkan osteoporosis?

Onani atau masturbasi kerap dikaitkan dengan tulang keropos, khususnya di area sekitar lutut. Dalam bahasa sehari-hari, orang sering kali menyebutnya dengan istilah ‘dengkul kopong’.

Onani berarti pengeluaran mani (sperma) tanpa melakukan sanggama. Dampak paling besar dan telah terbukti secara ilmiah adalah gangguan psikis berupa rasa bersalah. Orang yang sering melakukan onani biasanya juga kurang dapat berkonsentrasi dalam melakukan pekerjaan sehari- hari.

Sayangnya, sampai saat ini belum ada penelitian yang secara tegas membuktikan pengaruh onani terhadap kesehatan tulang. Jadi anggapan bahwa osteoporosis dapat terjadi akibat sering onani hanyalah mitos belaka.

Meski demikian, tanpa Anda sadari ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang dapat membahayakan kesehatan tulang. Beberapa kebiasaan tersebut adalah:

  1. Merokok

    Kesehatan tubuh –termasuk tulang mendapatkan ancaman dari setiap hisapan rokok. Radikal bebas dan berbagai senyawa kimia berbahaya yang dilepaskan bersamaan dengan asap rokok akan menyebabkan kerusakan pada sel- sel tulang.

  2. Konsumsi kopi berlebih

    Bila sudah kecanduan kopi, Anda harus berhati-hati. Kafein yang terkandung di dalam kopi, ternyata, tidak baik untuk kesehatan tulang.

    Kelebihan kafein dapat menurunkan penyerapan kalsium dalam tubuh dan meningkatkan risiko pengeroposan tulang. Menurut National Osteoporosis Foundation, konsumsi kopi lebih dari 3 gelas per hari terbukti dapat mengganggu penyerapan kalsium dalam tubuh.

  3. Minuman ringan

    Sama dengan kopi, minuman ringan atau soft drinks juga umumnya mengandung kafein yang buruk bagi kesehatan tulang. Selain itu, minuman ringan yang mengandung cola terbukti dapat menurunkan kepadatan tulang dan meningkatkan risiko osteoporosis.

Onani memang belum terbukti dapat membuat tulang lebih keropos dan menyebabkan osteoporosis. Tapi ingat, beberapa kebiasaan lain seperti yang telah dijelaskan di atas sering kali membahayakan kesehatan tulang. Saran kami, hentikan kebiasaan tersebut agar Anda tetap sehat.

(BA/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar