Sukses

Mampukah Suplemen Osteoporosis Bikin Tulang Kuat?

Untuk menjaga tulang tetap kuat, kecukupan kalsium dan vitamin D harus terjaga dengan baik. Dapatkah suplemen osteoporosis memenuhinya?

Klikdokter.com, Jakarta Dewasa ini, ada banyak jenis suplemen osteoporosis yang ditawarkan pada masyarakat. Tujuannya tentu saja untuk memenuhi kecukupan nutrisi tulang.

Memang benar, asupan kalsium, vitamin D serta olahraga yang cukup merupakan kunci dalam menjaga tulang agar tetap sehat dan kuat. Bonusnya adalah penurunan risiko pengeroposan tulang di kemudian hari.

Namun, dari 1000 mg anjuran asupan kalsium, mayoritas wanita hanya memenuhi 600 mg saja. Sedangkan, untuk anjuran vitamin D harian 600-800 IU, mereka hanya memenuhi 150-300 IU saja. Padahal, tulang yang kekurangan nutrisi sangat berbahaya dan mengancam kesehatan.

Kecukupan kalsium

Kalsium merupakan mikroelemen penting yang sangat dibutuhkan tubuh. Tidak hanya dalam rangka menjaga tulang tetap kuat, tetapi diperlukan juga untuk kerja otot, jantung, saraf, dan mengatur tekanan darah.

Bayangkan bila kecukupan kalsium tidak terjaga baik. Selain memicu kerapuhan tulang, kesehatan dan kerja berbagai sistem tubuh tersebut juga turut dipertaruhkan.

Sebenarnya, kalsium banyak tersedia pada bahan makanan seperti susu, keju, yoghurt, tahu, dan sayuran hijau. Hanya saja, sebagian besar orang masih sulit memenuhi angka kecukupan kalsium yang dianjurkan.

Pada kasus di mana kebutuhan kalsium sulit terpenuhi, suplementasi diperlukan. Penelitian yang dilakukan oleh Vicky Tai menunjukkan bahwa suplementasi kalsium terbukti dapat meningkatan kepadatan tulang.

Tapi perlu diingat, asupan kalsium melebihi anjuran dapat meningkatkan risiko batu ginjal dan penyakit jantung. Untuk itu, suplemen kalsium yang direkomendasikan cukup pada dosis 400- 800mg setiap harinya.

Kecukupan vitamin D

Selain kalsium, vitamin D merupakan mikroelemen yang tidak kalah penting dalam menjaga tulang. Vitamin D sendiri, selain bersumber dari makanan seperti ikan, juga bisa dibentuk oleh tubuh kita sendiri dengan bantuan sinar matahari.

Sayangnya, dengan ancaman kanker kulit dan sebagainya, orang banyak menghindari paparan sinar matahari. Akibatnya, kecukupan vitamin D pada mayoritas orang tidak terpenuhi.

Suplementasi diperlukan untuk menjamin kecukupan vitamin D. Dosis yang direkomendasikan adalah 400 IU sampai 1000 IU, tergantung dari kondisi kesehatan masing- masing orang.


Demi menjaga tulang tetap sehat dan kuat, evaluasi asupan kalsium dan vitamin D harian sangatlah penting. Bila angkanya jauh dari rekomendasi yang dianjurkan, pertimbangkan suplemen osteoporosis.

Di samping itu, olahraga beban seperti aerobik juga harus dilakukan secara rutin untuk memperkuat tulang. Dengan demikian, ancaman pengeroposan tulang tidak lagi menjadi beban pikiran, Jadi tidak hanya mengkonsumsi suplemen osteoporosis tersebut.

(BA/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar