Sukses

5 Olahraga Setelah Melahirkan yang Wajib Anda Coba

Melambungnya berat badan saat hamil dan usai melahirkan kerap menjadi masalah bagi kebanyakan wanita. Olahraga adalah solusinya.

Klikdokter.com, Jakarta Nafsu makan wanita umumnya meningkat ketika hamil. Kondisi ini bahkan sering berlanjut hingga melahirkan dan menyusui. Akibatnya, berat badan pun melambung drastis.

Jangan khawatir karena Anda masih bisa menurunkan berat badan dengan cara berolahraga ringan. Tapi ingat, tubuh Anda dalam kondisi prima atau tak ada gangguan kesehatan. Anda bisa memulainya satu minggu pasca melahirkan. Jika Anda melahirkan dengan operasi caesar, tunggulah hingga enam minggu.

Berikut ini beberapa olahraga yang bisa Anda coba setelah melahirkan:

  1. Senam Kegel

    Untuk melakukan senam ini, kencangkan otot panggul bawah Anda seperti sedang menahan buang air kecil. Tahan selama 10 detik, lalu lepas. Tunggu 10 detik sebelum melakukan gerakan tersebut kembali. Lakukan hingga 10 kali dan ulangi dalam 3 set.

  2. Jalan

    Jalan pagi atau sore dapat menjadi olahraga pertama yang Anda lakukan ketika baru mulai keluar rumah. Sambil menjemur bayi di kereta dorong, Anda bisa sekaligus melemaskan otot tungkai dengan berjalan kaki.

  3. Sit Up

    Anda baru dapat melakukan sit up dengan aman setelah enam minggu pasca melahirkan. Saat hamil perut yang membesar membuat otot perut pun ikut meregang.

    Regangan ini baru dapat menutup setelah kurang lebih 1- 2 bulan setelah melahirkan. Melakukan sit up terlalu cepat dapat menyebabkan cedera pada otot tersebut.

  4. Push Up

    Melakukan push up dapat bermanfaat untuk memperkuat otot tubuh bagian atas. Lakukan gerakan ini hingga 10 kali. Lalu ulangi sebanyak 3 set gerakan push up. Seperti sit-up, Anda pun baru cukup aman melakukan latihan ini enam minggu setelah melahirkan.

  5. Angkat Beban

    Menurut ACOG (persatuan dokter kebidanan dan kandungan Amerika), Anda juga perlu melakukan olahraga angkat beban sebanyak minimal 2 hari dalam seminggu. Gunakan dumbbell dengan berat 2- 3 kg. Lakukan 8- 10 kali gerakan angkat beban dan ulangi hingga tiga set.

    Kapan Anda boleh mulai melakukannya? Setidaknya, tunggulah enam minggu setelah melahirkan.

Untuk setiap sesi olahraga, pastikan untuk selalu melakukan pemanasan dan pendinginan. Minumlah air putih secukupnya untuk menghindari dehidrasi.

Gunakan pula bra khusus untuk olahraga agar dapat menopang payudara dengan optimal. Jangan lupa, selipkan breast pad untuk mencegah ASI bocor dari payudara dan membasahi pakaian.

Lakukan olahraga secara bertahap dan tak perlu tergesa-gesa. Ingat, ada beberapa perubahan yang terjadi di dalam tubuh setelah melahirkan. Berhentilah bila mengalami nyeri atau pendarahan. Jika Anda belum fit atau kelelahan, jangan memaksakan diri.

Berolahraga setelah melahirkan dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Apalagi jika disertai dengan menjaga pola makan yang bernutrisi tepat. Tapi, pastikan Anda memilih olahraga yang tepat dan melakukannya dengan benar. Semoga berhasil.

(BA/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar