Sukses

Bebas Berolahraga Meski Sedang Nyeri Sendi

Siapa bilang penderita nyeri sendi tidak boleh olahraga? Olahraga dapat membantu meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas sendi lho!

Klikdokter.com, Jakarta Nyeri sendi memang sangat mengganggu dan membatasi aktivitas sehari-hari. Terkadang nyeri yang dirasakan membuat penderitanya malas bergerak dan berolahraga. Mereka lebih memilih duduk diam atau beristirahat agar nyeri sendinya tidak bertambah.

Padahal seharusnya rasa nyeri bukan alasan penderita untuk tidak berolahraga. Sebab olahraga dapat membantu penderita penyakit radang sendi dalam meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas sendi. Selain itu, berolahraga secara rutin dapat memperbaiki kualitas tidur, keseimbangan tubuh, dan menjaga berat badan.

Kurang gerak dan tidak berolahraga justru dapat menyebabkan nyeri sendi yang lebih berat. Dokter menyarankan para penderita radang sendi untuk berolahraga ringan antara 30- 60 menit secara rutin.

Penderita nyeri sendi sering merasakan kekakuan dan nyeri saat bangun di pagi hari. Jenis olahraga yang meningkatkan fleksibilitas dapat membantu mengurangi hal tersebut.

Selain itu, Anda bisa mencoba gerakan senam seperti mengangkat tangan ke atas atau menggerakan bahu ke depan dan belakang. Olahraga seperti yoga dan taichi juga dapat membantu Anda dalam hal ini.

Untuk meningkatkan kekuatan otot, sendi, dan tulang, Anda dapat melakukan latihan angkat beban. Tidak perlu yang terlalu berat, cukup beban ringan-sedang sesuai dengan kemampuan Anda.

Agar tak salah langkah, berkonsultasilahpada dokter sebelum berolahraga. Pasalnya, beda jenis penyakit dan tingkat keparahan, berbeda pula jenis olahraga yang dapat Anda lakukan. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan sebelum berolahraga dan pendinginan setelah berolahraga.

(DA/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar