Sukses

3 Penyakit Sendi yang Paling Sering Mengintai Anda

Jangan sepelekan penyakit radang sendi. Jika dibiarkan, bisa mengganggu aktivitas Anda. Simak ulasannya berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Anda sering merasakan pegal- pegal dan nyeri sendi di bagian tubuh?Jangan pernah menyepelekannya. Nyeri sendi disebabkan oleh radang sendi yang menjadi momok menakutkan bagi penderitanya.

Bagaimana tidak, radang sendi adalah penyakit kronis yang menggerogoti sendi dalam jangka waktu yang panjang. Selain itu, hingga saat ini belum ada obat untuk menghilangkan dan menyembuhkannya secara total.

Serangan rasa nyeri biasanya akan menggangu aktivitas penderitanya. Jika dibiarkan, hal ini dapat menurunkan kualitas hidup orang yang memiliki penyakit radang sendi.

Tercatat lebih dari 50 juta orang dewasa memiliki penyakit radang sendi. Itu artinya, 1 dari 6 orang yang berusia di atas 18 tahunmengidap radang sendi. Di Indonesia, terdapat sekitar 25% penduduk penderita radang sendi. Jumlah penderita radang sendi tertinggi berada di Provinsi Bali yang diikuti oleh Aceh dan Jawa Barat.

Radang sendi itu sendiri memiliki banyak tipe yang berbeda, bahkan mencapai 100 tipe radang sendi. Meski demikian, hanya ada 3 jenis penyakit sendi yang paling sering diderita masyarakat, yaitu:

  1. Osteoarthritis

    Osteoarthritis (OA) adalah jenis penyakit radang sendi yang paling sering dijumpai di masyarakat. Penyakit degeneratif ini umumnya menyerang lansia –terutama wanita. Di Indonesia sendiri prevalensi penyakit sendi/ rematik cukup tinggi, yakni sekitar 25 persen.

    Penyakit ini umumnya menyerang sendi-sendi besar yang berfungsi menahan berat badan, seperti lutut dan panggul. Sendi yang terkena akan rusak dan memberikan gejala nyeri, kaku, dan bengkak.

    Derajat OA yang paling parah akan menyebabkan sendi menyatu. Kelainan tersebut harus dioperasi untuk diganti dengan sendi buatan agar sendi dapat berfungsi kembali. Oleh karena itu, OA merupakan salah satu penyebab kecacatan terbesar pada lansia.

  2. Reumatoid Artritis

    Berbeda dengan OA yang merupakan penyakit orang tua, reumatoid artritis (RA) lebih banyak diderita oleh wanita usia produktif. RA merupakan penyakit autoimun, di mana kekebalan tubuh kita sendiri menyerang dan merusak sendi.

    Sendi yang terkena umumnya adalah sendi kecil, seperti jari- jari tangan. Penyakit ini menimbulkan nyeri dan kaku –terutama di pagi hari ketika bangun tidur, serta dapat merusak bentuk jari jika penyakitnya sudah parah dan tidak ditangani dengan baik.

  3. Gout Artritis

    Gout –atau dikenal sebagai penyakit asam urat– adalah penyakit peradangan sendi akibat penumpukan kristal urat yang berlebihan. Penyakit ini paling sering mengenai jempol kaki. Nyeri akibat gout umumnya dirasakan ketika bangun tidur di pagi hari.

    Berbeda dengan dua penyakit sebelumnya yang lebih sering diderita oleh wanita, penderita gout justru didominasi oleh pria.

Agar terhindar dari penyakit radang sendi, jangan lupa untuk menerapkan pola hidup sehat. Kurangi konsumsi makanan yang mengandung tinggi purin –seperti jeroan, daging merah, seafood, kacang- kacangan, kangkung, dan kembang kol. Bebas nyeri sendi, Anda pun lebih leluasa untuk berativitas.

(DA/RH)

0 Komentar

Belum ada komentar