Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeIbu Dan anakKesehatan AnakAlergi Makanan Diturunkan dari Orangtua, Mitos atau Fakta?
Kesehatan Anak

Alergi Makanan Diturunkan dari Orangtua, Mitos atau Fakta?

dr. Reza Fahlevi, 10 Mar 2017

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Benarkah alergi makanan merupakan faktor genetik yang diturunkan dari orangtua pada anaknya?

Alergi Makanan Diturunkan dari Orangtua,  Mitos atau Fakta?

Alergi makanan lebih sering terjadi pada anak- anak dibandingkan orang dewasa. Pada anak- anak, kejadian alergi makanan mencapai angka 8%. Sedangkan pada orang dewasa hanya sebesar 5%.

Seiring bertambahnya usia, alergi makanan pada sebagian anak akan menghilang secara natural sementara pada sebagian lainnya akan menetap.Berdasarkan hasil penelitian ada beberapa faktor yang dapat mencetuskan alergi makanan. Mulai dari faktor genetik dan lingkungan, faktor keturunan, kekurangan vitamin D, hingga konsumsi makanan yang tidak sehat dan kegemukan.

Alergi makanan dapat diturunkan dari ibu ke anak. Oleh sebab itu, dokter sering menanyakan riwayat alergi dalam keluarga saat melakukan tindakan medis pada anak yang mengalami masalah alergi.

Penelitian menunjukkan bahwa anak yang memiliki orangtua yang alergi kacang, berisiko tujuh kali lipat mengalami hal sama dibandingkan dengan anak lain yang orangtuanya tidak alergi kacang. Ini menunjukkan bahwa faktor keturunan merupakan salah satu faktor penting dalam terjadinya alergi makanan.

Nah, kini Anda telah mengetahui bahwa alergi makanan dapat diturunkan dari orangtua –terutama dari ibu pada anaknya. Oleh karena itu, sebaiknya kurangi mengonsumi makanan yang bakal berisiko memicu timbulnya alergi. Konsumsilah makanan sehat dan jangan lupa berolahraga agar terhindar dari berbagai penyakit.

(DA/ RH)

MitosAnakFaktaAlergi MakananAlergi

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter