Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeInfo SehatKesehatan Umum4 Tip Tepat untuk Mengatasi Alergi
Kesehatan Umum

4 Tip Tepat untuk Mengatasi Alergi

dr. Fiona Amelia MPH, 10 Mar 2017

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Mengatasi alergi perlu dilakukan sejak dini untuk menjaga kualitas hidup seseorang di kemudian hari.

4 Tip Tepat untuk Mengatasi Alergi

Alergi merupakan reaksi tidak normal dari sistem kekebalan tubuh terhadap benda yang dianggap asing. Angka kejadian alergi, baik di seluruh dunia maupun Indonesia, terus meningkat hingga 30% setiap tahunnya.

Seperti apa tanda- tandanya? Alergi biasanya menimbulkan gejala yang dapat mengenai mata, telinga, hidung, tenggorok, saluran pernafasan, dan pencernaan hingga kulit.

Alergi dapat mengancam Anda kapan pun dan dimana pun. Dalam jangka panjang, alergi akan mengurangi kualitas hidup seperti terbatasnya aktivitas, produktivitas menurun, sulit konsentrasi, hingga sulit tidur.

Berikut ini kiat untuk mengatasinya:

  1. Mengatasi alergi di rumah Cara terbaik melawan alergi adalah dengan rajin membersihkan rumah. Oleh karena itu cuci semua perlengkapan tidur, gorden, dan tirai. Bersihkan juga jendela setiap satu minggu sekali untuk meminimalkan risiko alergi muncul kembali di tengah keluarga Anda.
  2. Mengatasi alergi pada makananSeseorang yang memiliki riwayat alergi makanan perlu ekstra hati-hati saat makan di restoran atau membeli suatu produk makanan. Reaksi alergi makanan dapat dicegah dengan mengingat makanan atau bahan makanan yang membuat Anda alergi. Patikan Anda selalu memeriksa label produk makanan dengan teliti.
  3. Mengatasi alergi obat• Catat obat- obatan yang membuat Anda alergi dan seberapa parah reaksinya• Selalu beritahukan kepada dokter dan tenaga medis lain obat-obatan yang memicu reaksi alergi
  4. Berolahraga secara teraturOlahraga akan memperbaiki aliran darah dalam tubuh sehingga alergen lebih mudah dikeluarkan. Selain itu, adrenalin yang dikeluarkan akan mengurangi keluhan alergi seperti hidung tersumbat dan batuk.

Anda dapat terbebas dari alergi asalkan mengenali dan mengetahui faktor penyebab, gejala, dan cara mengatasinya. Ingat, selalu terapkan pola hidup sehat dan bersih.

(DA/ RH)

Tips KesehatanPenyebab alergiAlergi MakananAlergi

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter