Kehamilan

Cara Ampuh Menurunkan Berat Badan Usai Melahirkan

dr. Dyah Novita Anggraini, 09 Mar 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Anda kesulitan menurunkan berat badan usai melahirkan? Simak beberapa kiat berikut untuk mendapatkan berat badan ideal.

Cara Ampuh Menurunkan Berat Badan Usai Melahirkan

Setiap wanita pasti mendambakan berat badan yang ideal, tak terkecuali wanita yang baru saja melahirkan. Proses kehamilan dan melahirkan memang memberikan perubahan besar bagi tubuh seorang wanita.

Bagi Anda yang baru melaluinya, bisa jadi merasa frustrasi ketika melihat perut menggelambir dan lemak di sana-sini saat bercermin. Berikut ini beberapa kiat untuk mengembalikan berat badan usai melahirkan:

1. Menetapkan target

Tidak usah terburu-buru, apalagi sampai harus melakukan diet ketat. Sebab setelah melahirkan, Anda harus melalui proses menyusui. Ingat, Anda harus mendapatkan tambahan kalori selama menyusui, bukan malah menguranginya. Daripada diet ketat, lebih baik Anda mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Jika sedang lapar dan ingin makan sesuatu, pilihlah camilan yang sehat. Misalnya: buah potong segar, biskuit gandum, susu atau yoghurt rendah lemak.

Anda juga bisa mengonsumsi minuman yang diformulasi khusus untuk para pelaku diet. Tapi ingat, jangan sembarangan memilih. Pastikan minuman Anda memiliki kandungan nutrisi lengkap dan seimbang. Bila masa menyusui sudah selesai, Anda bisa mulai memangkas ekstra kalori. Tapi ingat, lakukan dengan realistis dan hindari pemangkasan yang terlalu drastis. Sebagai patokan, Anda bisa mengurangi ekstra 500– 750 kalori/ hari untuk menurunkan 0.5 kg/ minggu. Jangan lupa, penambahan berat badan saat hamil memang cukup drastis (>15 kg), jadi Anda perlu waktu lebih lama untuk menurunkannya. Bersabarlah!

2. Menyusui

Anda ingin menurunkan berat badan tanpa harus diet dan olahraga? Menyusuilah! Proses menyusui dapat membakar esktra 500 kalori/ hari. Bonusnya, apalagi kalau bukan nutrisi terbaik untuk buah hati Anda?

3. Berolahraga

Selain dapat membantu membakar kalori dan menjaga tulang serta otot tetap kuat, olahraga juga membantu Anda untuk terhindar dari baby blues syndrome. Kami bukan menakuti-nakuti, tapi beberapa wanita yang baru melahirkan bisa mengalami stres dan depresi. Pilih olahraga yang Anda sukai agar tidak merasa terbebani.

Menurunkan berat badan, khususnya untuk wanita yang baru saja melahirkan, memang tidak bisa terjadi secara instan. Perlu waktu dan proses. Kunci utamanya adalah niat dan usaha. Selain itu, yang penting untuk diingat adalah hindari memforsir diri. Niscaya, hasilnya pun akan terlihat.

 

Berat BadanDietUsai Melahirkan

Konsultasi Dokter Terkait