Gigi Mulut

3 Kejadian Mengejutkan di Balik Gigi Ngilu

KlikDokter, 07 Mar 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Jangan sepelekan gigi ngilu! Perhatikan 3 kejadian berikut yang bisa jadi biang keladinya.

3 Kejadian Mengejutkan di Balik Gigi Ngilu

Kerap mengalami gigi ngilu? Awas, jangan disepelekan. Pasalnya, gigi ngilu merupakan pertanda adanya suatu masalah di dalam rongga mulut Anda!

Inilah3 kejadian mengejutkan di balik gigi ngilu :

1. Penurunan gusi

Sebagian besar kasus gigi ngilu disebabkan oleh penurunan gusi. Kondisi ini mengakibatkan sebagian permukaan akar gigi terbuka. Awalnya, akar gigi tersebut dilapisi oleh lapisan cementum. Namun, kebiasaan menyikat gigi yang buruk, atau kebiasaan mengunyah es batu menyebabkan lapisan tersebut hilang perlahan. Akibatnya, dentin gigi akan terbuka dan menyebabkan gigi sensitif terhadap rangsangan tertentu. Misalnya: rangsangan suhu, tekanan, gesekan, maupun kimiawi.

2. Karies gigi

Karies –penyebab gigi berlubang atau patah– menyebabkan gigi kehilangan sebagian strukturnya. Hal ini membuat bagian dentin gigi terbuka. Akibatnya, gigi menjadi sangat sensitif terhadap berbagai rangsangan. Akhirnya, gigi ngilu sering kali tidak terhindarkan.

3. Tambalan gigi yang lepas 

Tambalan gigi bisa rusak jika tidak dijaga kebersihannya. Pasalnya, tepi tambalan yang berbatasan dengan gigi menjadi tempat berkumpulnya bakteri. Jika tidak dibersihkan, karies baru di bawah tambalan akan terbentuk. Apabila sudah terjadi, gigi akan terasa ngilu dan sakit.

Sebelum gigi ngilu semakin jadi benalu, sebaiknya segera bawa diri Anda ke dokter gigi. Sebab, kondisi ini bisa menimbulkan kekambuhan di saat yang tidak tepat.(NB/RH)

Atasi Keluhan Anda

Jika belum sempat ke dokter gigi, sebaiknya selalu sediakan Sensodyne® di rumah Anda. Sensodyne® adalah pasta gigi untuk melindungi gigi dari rasa ngilu akibat gigi sensitif nomor 1 di Indonesia. Sensodyne® tersedia dalam berbagai varian, yang setiap variannya memiliki keunggulannya masing-masing.

  • Sensodyne® Fresh Mint Mencegah ngilu akibat gigi sensitif, mencegah kejadian gigi berlubang, serta membuat mulut Anda terasa segar dan bersih seharian.
  • Sensodyne® Cool Gel Mencegah ngilu akibat gigi sensitif. Gel biru sejuknya juga dapat mempertahankan kesegaran mulut seharian.
  • Sensodyne® Original Kandungan strontium chloride-nya memberikan Anda perlindungan dari rasa ngilu akibat gigi sensitif selama 24 jam.
  • Sensodyne® Gentle Whitening Mencegah rasa ngilu akibat gigi sensitif, sekaligus mengembalikan warna putih alami gigi.
  • Sensodyne® Gum Care Diformulasikan khusus untuk cegah ngilu akibat gigi sensitif, sekaligus menjaga kesehatan gusi.
  • Sensodyne® Total Care Mencegah ngilu akibat gigi sensitif, membantu mengurangi plak, dan menjaga gusi tetap sehat.
  • Sensodyne® RapidRelief Bekerja secara cepat, melindungi Anda dari rasa ngilu akibat gigi sensitif. Jika dioleskan langsung pada gigi yang terasa ngilu, dalam 60 detik keluhan akan hilang.
  • Sensodyne® Repair and Protect Dengan teknologi novamin, membentuk kembali lapisan mineral gigi hingga 1,5 kali lebih kuat, sehinggga ngilu akibat gigi sensitif bukan lagi ancaman.

Ingin mencegah gigi sensitif? Anda bisa mengikuti Online Check Up Tool dari Sensodyne untuk mendeteksi masalah gigi sensitif. Apalagi yang Anda tunggu? Coba fitur tersebut dan gunakan Sensodyne® sekarang juga! Dengan begitu, Anda akan terlindung dari ngilu akibat gigi sensitif di kemudian hari. Yuk, cari tahu mengenai produk Sensodyne lebih jauh di www.sensodyne.co.id

(NB/ RH)

AdvertorialPasta GigiGigiGigi Ngilu

Konsultasi Dokter Terkait