Sukses

Cegah Kurang Darah dengan Buah Persik

Meski kalah tenar dengan buah lainnya, ternyata buah persik dapat membantu mencegah kurang darah.

Klikdokter.com, Jakarta Anda penggemar manisan buah? Tentu Anda sudah tak asing dengan buah persik. Ya, buah yang satu ini memang sering diolah menjadi manisan. Ternyata, persik tak hanya nikmat sebagai manisan yang menggoda lidah saja. Tapi buah yang satu ini juga dapat membantu mencegah kurang darah. Mengejutkan, bukan?

Perlu diketahui, kurang darah adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh menurunnya jumlah produksi sel darah merah di dalam tubuh. Gejalanya dapat berupa:

  • Lesu atau lemas
  • Mudah lelah
  • Jantung berdebar tanpa sebab yang jelas
  • Sulit berkonsentrasi
  • Wajah pucat
  • Pusing
  • Sakit kepala

Salah satu kondisi yang paling sering menyebabkan kurang darah adalah kurangnya asupan zat besi. Padahal zat besi merupakan salah satu komponen penting dalam produksi sel darah merah di dalam tubuh.

Nah, salah satu alasan kenapa buah persik dapat bantu cegah kurang darah adalah karena buah ini tinggi akan kandungan zat besi. Namun sebelum mengonsumsinya, buah persik harus dikeringkan terlebih dahulu.

Pasalnya, satu buah persik segar hanya mengandung kurang dari 1 mg zat besi. Sedangkan, sepuluh buah persik kering yang telah dibelah dua kandungan zat besinya menjadi sekitar 5,3 mg.

Tak hanya zat besi, buah persik juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Seperti yang diketahui, vitamin C adalah zat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menyerap zat besi secara optimal.

Agar lebih efektif mencegah kurang darah, buah persik sebaiknya dikonsumsi bersamaan dengan daging merah, hati ayam, dan sayuran hijau. Jangan lupa juga untuk menerapkan gaya hidup sehat, berolahraga secara rutin dan teratur, serta istirahat yang cukup, ya!

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar