HomeInfo SehatDarahWasir Bisa Picu Kurang Darah?
Darah

Wasir Bisa Picu Kurang Darah?

dr. Anita Amalia Sari, 01 Mar 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Kurang darah akibat wasir merupakan tanda bahaya dan memerlukan penanganan segera. Baca faktanya di sini.

Wasir Bisa Picu Kurang Darah?

Berbicara tentang kurang darah serasa tidak ada habisnya. Di antara sekian penyakit yang memicu kondisi itu, wasir adalah salah satunya.

Wasir atau dikenal dengan sebutan hemoroid merupakan pembesaran pembuluh darah vena di usus besar bagian bawah (anus). Kebiasaan mengejan, sembelit, dan kehamilan merupakan beberapa hal yang menjadi penyebab tersering.

Seorang penderita wasir biasanya mengalami buang air besar berdarah. Seringkali, keluhan yang terjadi hanya bersifat ringan, yakni berupa bercak darah yang ditemukan buang air besar. Kondisi ini terjadi akibat adanya iritasi atau perlukaan pada jaringan yang mengalami wasir.

Artikel Lainnya : Mitos & Fakta Tentang Wasir

Memang, perdarahan yang sedikit pada kasus wasir tidak akan menyebabkan kurang darah. Namun, jika perdarahan kerap berulang atau darah yang dikeluarkan semakin banyak, maka penderita wasir dapat mengalami kurang darah.

Pada akhirnya, Anda akan mengalami keluhan pusing, sesak napas, jantung berdebar dan lemas. Itulah yang membuat kurang darah akibat wasir harus segera ditangani. Pasalnya, kurang darah merupakan salah satu indikasi operasi wasir.

Sebagai solusinya, Anda harus banyak minum air putih, konsumsi makanan berserat dan menghindari kebiasaan mengejan. Jika ini tidak mengurangi keluhan, segera periksakan diri ke dokter. Ingat, wasir dapat memicu kejadian kurang darah.

(NB/ RH)

 

Kurang darahAnemia