Diet dan Nutrisi

Begini Cara Merayakan Valentine Tanpa Takut Berat Badan Naik

dr. Nadia Octavia, 22 Feb 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Awas, berat badan Anda naik lantaran mengonsumsi makanan yang berkalori tinggi saat merayakan hari Valentine

Begini Cara Merayakan Valentine Tanpa Takut Berat Badan Naik

Hari Valentine merupakan momen spesial yang ditunggu untuk berbagai kasih sayang bersama pasangan. Valentine dan cokelat merupakan ibarat dua sisi yang tidak terlepaskan.

Mendapatkan cokelat dari orang terkasih di hari Valentine ditambah dengan kejutan makan malam romantis bersama pasangan sungguh membahagiakan. Akan tetapi, perlu diwaspadai pasalnya, makanan tersebut dapat menimbulkan berat badan naik.

Berikut ini tip aman merayakan Valentine tanpa takut berat badan naik:

1. Banyak beraktivitas

Anda sedang mencari kado spesial untuk pasangan di hari Valentine? Ketimbang langsung menuju toko tertentu, cobalah berputar–putar keliling mal. Jangan lupa juga untuk memarkir mobil Anda lebih jauh agar Anda lebih banyak jalan. Anda juga bisa melakukannya bersama pasangan, dengan berjalan-jalan romantis di taman. Tujuannya apalagi kalau bukan membakar ekstra kalori!

2. Tetap berolahraga

Anda berencana akan makan malam romantis dengan pasangan? Jangan hanya sibuk ke salon seharian dan melupakan olahraga. Meski hari Valentine bukan berarti Anda tidak berolahraga ya. Tetaplah luangkan waktu untuk berolahraga paling tidak 30 menit setiap harinya. 

3. Ganti dengan yang lebih sehat

Hari Valentine bukanlah alasan untuk makan berlebihan. Saat makan bersama pasangan, pilihlah menu makanan sehat seperti makanan yang tinggi serat dan rendah lemak. Seperti misalnya ketimbang makan steak sapi tenderloin yang tinggi lemak, pilihlah dada ayam panggang atau steak salmon.

4. Cemilan sehat

Pasangan Anda mengajak kencan dengan menonton film di bioskop? Ketimbang memilih popcorn rasa karamel dan sekaleng minuman bersoda untuk cemilan di bioskop, Anda bisa memilih sandwich atau granola bar yang lebih mengenyangkan dan tinggi serat.

5. Gunakan pakaian pas badan

Memang sih pakaian oversize sedang menjadi tren. Namun untuk menyiasati agar Anda tak makan berlebihan, gunakan pakaian pas badan di hari Valentine. Anda bisa menggunakan terusan berpotongan pas badan dengan ikat pinggang supaya tetap ingat bahwa tidak boleh makan berlebihan!

6. Hindari makan secara emosional

Bertengkar dengan pasangan di hari Valentine? Baru saja putus dengan kekasih dan tidak punya pasangan? Hari Valentine tahun ini mungkin saja merupakan hari yang kelabu bagi Anda. Namun jangan jadikan hari Valentine sebagai pelampiasan Anda untuk makan secara emosional dan berlebihan.

Daripada duduk menonton TV di rumah sambil mengemil yang tidak sehat, lakukan kegiatan lain yang membakar kalori seperti berolahraga. Badan sehat, jiwa pun sehat.

Tak hanya di hari Valentine saja, Anda pun sebaiknya tetap menjaga asupan makanan yang seimbang dan berolahraga teratur pada hari–hari biasa. Hindari juga menjadikan perayaan Valentine sebagai cheating day untuk bebas makan apapun.

[DA]

Berat BadanBerat Badan IdealValentine

Konsultasi Dokter Terkait