HomeInfo SehatKulitMencegah Penuaan Dini Akibat Polusi
Kulit

Mencegah Penuaan Dini Akibat Polusi

dr. Alvin Nursalim, SpPD, 08 Mei 2014

Ditinjau Oleh dr. Alvin Nursalim, SpPD

Icon ShareBagikan
Icon Like

Kamu kesal waktu bercermin, wajah kelihatan kusam, kotor, dan terlihat 10 tahun lebih tua? Jangan khawatir, berikut tips mencegah penuaan dini

Mencegah Penuaan Dini Akibat Polusi

Kesal waktu bercermin, wajah kelihatan kusam, kotor, dan terlihat 10 tahun lebih tua? Jangan khawatir, kesalahan bukan pada cermin Anda. Tapi salahkan pada polusi yang sudah tidak terkendali lagi.

Setiap hari kulit kita terpapar oleh polusi dari asap knalpot, debu, radikal bebas, serta kotoran. Dampaknya amat berbahaya bagi kulit.

Polusi dapat menghalangi asupan oksigen yang diperlukan kulit sehingga wajah terlihat kusam. Lalu ditambah radiasi sinar ultraviolet yang menyebabkan berkurangnya produksi kolagen sehingga kulit kehilangan elastisitasnya yang berujung pada kerutan pada wajah.

Tips Mencegah Penuaan Dini

Untuk mencegah penuaan dini pada wajah, Anda perlu melakukan beberapa hal:

  1. Jauhi daerah berpolusi tinggi
  2. Bila naik motor, lindungi wajah Anda dari debu dan kotoran dengan kaca helm.
  3. Mulai mengonsumsi makanan yang mengandung anti oksidan, seperti buah-buahan dan sayur-mayur
  4. Hindari stress
  5. Berolahraga
  6. Rutin membersihkan wajah dengan produk perawatan yang mengandung activated carbon untuk menyerap kotoran dari polusi yang menempel di kulit.

Polusi memang sulit dihindari, apalagi kalau Anda tinggal di kota besar. Tapi bila Anda mulai melakukan tindakan pencegahan sedini mungkin, Anda akan dapat merasakan manfaatnya.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter dan Temu Dokter Klikdokter.com di laman website kami.

(HM/AN)

Anti AgingMencegah Penuaan Dini Akibat Polusi

Konsultasi Dokter Terkait