HomeIbu Dan anakTips ParentingBatasi Waktu Anak Di Depan Layar Elektronik!
Tips Parenting

Batasi Waktu Anak Di Depan Layar Elektronik!

dr. Jessica Florencia, Sp.PK, 25 Nov 2013

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Anak-anak yang menonton televisi atau menggunakan komputer lebih dari 2 jam setiap hari lebih berisiko untuk mengalami masalah psikologis dari pada anak-anak yang tidak melakukan hal tersebut.

Batasi Waktu Anak Di Depan Layar Elektronik!

KLIKDOKTER.COM - Anak-anak yang menonton televisi atau menggunakan komputer lebih dari 2 jam setiap hari lebih berisiko untuk mengalami masalah psikologis dari pada anak-anak yang tidak melakukan hal tersebut. Hal tersebut berlaku meskipun anak tersebut termasuk anak yang cukup aktif.

Kesimpulan ini ditarik berdasarkan penelitian terbaru pada 1.013 anak-anak berusia 10-11 tahun di Inggris. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa mereka yang menghabiskan waktu lebih dari 2 jam di depan layar elektronik, baik menonton televisi, ataupun menggunakan komputer, atau kombinasi keduanya, memiliki kecenderungan untuk  untuk bermasalah dalam hubungan sosial dengan orang lain dan teman-teman sebayanya. Anak-anak ini juga cenderung memiliki kesulitan untuk mengungkapkan perasaan sedih atau tidak bahagia yang mereka alami.

Penelitian ini juga menunjukkan bahwa meskipun anak tersebut merupakan anak yang aktif secara fisik (senang berolahraga, bermain di luar rumah/lapangan bermain), namun jika menonton televisi atau bermain game komputer lebih dari 2 jam tetap memiliki kecenderungan yang sama dengan anak yang tidak aktif secara fisik untuk mengalami gangguan psikologis. Lebih jauh lagi diteliti, anak-anak yang menghabiskan waktu lebih dari 2 jam di depan layar televisi ataupun komputer dapat mengalami efek penurunan kualitas fisik dan mental yang serius.

Berdasarkan hasil penelitian ini, salah satu peneliti, Angie S. Page, PhD dari  the University of Bristol di Inggris menyarankan agar orang tua senantiasa memotivasi anak-anaknya untuk melakukan aktivitas fisik dan perlahan mengurangi waktu luang di depan layar elektronik. Anak-anak yang melakukan aktivitas fisik memiliki kesehatan psikologis yang menjanjikan.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman utama website kami [](JF)

Source:WebMD Health News Kids’ Screen Time Linked to Psychological Problems Study Shows Risks for Kids Who Watch TV or Use Computers More Than 2 Hours a Day By Bill Hendrick  

Konsultasi Dokter Terkait