Gigi Mulut

Sakit Gigi Bisa Sembuh Sendiri?

drg. Callista Argentina, 15 Mar 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Sakit gigi dapat mengganggu aktivitas. Lalu, bagaimana cara meredakannya? Apakah harus ke dokter gigi, atau bisa sembuh sendiri?

Sakit Gigi Bisa Sembuh Sendiri?

Sakit gigi memang bisa membuat mood seharian menjadi buruk. Hal ini tentunya dapat mengganggu aktivitas seharian.

Tentunya keluhan sakit gigi ini tak boleh dibiarkan saja karena bisa berakibat fatal.

Meski sejumlah pengobatan rumahan dipercaya mampu mengatasinya, itu bukanlah solusi. Pasalnya, pengobatan tersebut hanya menghilangkan gejala untuk sementara.

Parahnya lagi, sebagian orang percaya jika sakit gigi bisa sembuh sendiri. Bagaimana faktanya? Simak selengkapnya dalam artikel berikut.

Apa Benar Sakit Gigi Bisa Sembuh Sendiri?

Ada banyak mitos atau tips untuk mengatasi sakit gigi yang beredar di masyarakat. 

Sebagian besar cara tersebut memang bisa dilakukan. Namun, tidak sedikit pula yang justru bisa membuat kondisi sakit gigi bertambah parah.

Maka dari itu, pastikan informasi yang Anda peroleh akurat dengan landasan medis yang tepat.

Terkait apakah sakit gigi bisa sembuh sendiri, tentunya hanyalah mitos belaka. Sakit gigi sebenarnya tidak bisa sembuh sendiri, meski Anda menggunakan obat penghilang rasa sakit.

Perlu Anda ketahui, obat jenis ini hanya menghilangkan rasa sakit untuk sementara. Saat pengaruh obat habis, gigi akan kembali terasa sakit. 

Jadi, anggapan bahwa sakit gigi bisa sembuh total tanpa perawatan adalah keliru. Merawat gigi yang tengah bermasalah di dokter gigi merupakan cara terbaik supaya bisa sembuh.

Segeralah berkonsultasi saat sudah merasakan tanda adanya masalah gigi, sebelum kondisi kian memburuk.

Saat kerusakan telanjur terjadi, perawatan yang akan dilakukan justru lebih kompleks dan bisa menyebabkan biaya pengobatan semakin mahal.

Artikel Lainnya: Minyak Tawon Ampuh untuk Mengatasi Sakit Gigi, Benarkah?

Cara Meredakan Sakit Gigi Sendiri di Rumah

Munculnya rasa menyakitkan dan menusuk di gigi memang tidak mengenal waktu, bahkan saat tengah malam sekalipun.

Oleh karena itu, Anda dapat melakukan beberapa langkah di bawah ini untuk meredakannya sementara waktu sebelum berkunjung ke dokter gigi:

  • Berkumur dengan Air Garam

Garam merupakan bahan yang mudah didapatkan di dapur. Dengan mencampurkannya ke dalam air hangat, Anda dapat berkumur untuk meredakan sakit gigi.

Berkumurlah menggunakan air garam beberapa kali dalam sehari sampai rasa sakit hilang.

  • Kompres Dingin

Jika wajah terlihat bengkak, kompres dengan es batu yang sudah dibungkus dengan kain bersih bisa menjadi pilihan yang dapat dilakukan. 

Cara ini bisa meringankan rasa sakit untuk sementara waktu.

  • Minyak Cengkeh

Bila Anda memiliki minyak cengkeh, Anda bisa menggunakannya untuk meredakan rasa nyeri pada gigi untuk sementara waktu.

Caranya, basahi kapas steril yang digulung kecil dengan minyak, kemudian peras agar kelebihan minyak dapat dibuang. Lalu, masukkan kapas tersebut pada daerah gigi yang sakit.

Zat eugenol yang terdapat dalam cengkeh berperan sebagai antiseptik dan anestesi lokal. Namun, pemakaian perlu dilakukan secara hati-hati, terlebih jika terkena gusi di sekitarnya.

Artikel Lainnya: Manfaat Getah Jarak untuk Mengatasi Nyeri Sakit Gigi

  • Obat Penghilang Rasa Sakit

Sakit gigi bisa sembuh sendiri memang anggapan yang salah. Namun, Anda bisa meredakan nyeri untuk sementara waktu dengan mengonsumsi obat analgesik.

Kendati begitu, obat ini tidak membunuh bakteri yang menjadi penyebabnya. Jadi, Anda tetap harus memeriksakan kondisi ke dokter gigi.

Anda dapat membeli obat analgesik secara bebas di apotek terdekat. 

Selain melakukan tips di atas, beberapa hal ini juga perlu dihindari saat Anda mengalami sakit gigi: 

  • Hindari mengonsumsi makanan atau minuman yang terlalu panas, terlalu dingin, ataupun yang bersifat asam dan pedas. Sebab, hal ini dapat mengiritasi gigi dan semakin menimbulkan rasa nyeri.
  • Mengikuti cara-cara yang belum terbukti keefektifannya atau kebenarannya. Misalnya, dengan memasukkan minyak tanah ke dalam lubang gigi. 
  • Hindari mengonsumsi obat antibiotik secara sembarangan tanpa resep yang diberikan oleh dokter gigi. Hal ini berisiko memunculkan efek samping, alergi, atau komplikasi lainnya jika penggunaan tidak tepat.
  • Alih-alih ingin mendapatkan perawatan dengan harga murah, sebaiknya hindari berobat ke tukang gigi yang tidak memiliki izin praktik resmi dan kompetensi dalam menangani masalah gigi. Bukan menjadi lebih baik, justru dapat memperburuk keadaan dan merugikan diri Anda sendiri.

Artikel Lainnya: Mau Atasi Sakit Gigi dengan Bawang Putih, Cek Dulu Efektivitasnya

Kondisi Sakit Gigi yang Harus Ditangani Dokter

Cara-cara yang sudah disebutkan di atas hanya dapat meredakan sakit gigi untuk sementara waktu. Jadi, Anda tetap perlu memeriksakan gigi secara langsung ke dokter gigi. 

Apalagi jika sudah muncul gejala-gejala yang lebih berat, maka harus segera ditangani dokter gigi. Jika tidak, kondisi tersebut bisa berakibat fatal. 

Adapun kondisi sakit gigi yang harus segera ditangani oleh dokter, yaitu: 

  • Sakit gigi menimbulkan pembengkakan atau abses pada gusi di sekitarnya
  • Sakit gigi yang menyebabkan kesulitan mengunyah
  • Sakit gigi yang mengakibatkan pembengkakan yang mengganggu jalan napas
  • Sakit gigi yang disertai demam tinggi
  • Sakit gigi yang memicu turunnya nafsu makan

Jadi, anggapan bahwa sakit gigi bisa sembuh sendiri adalah mitos belaka. Tanpa perawatan yang tepat dari dokter gigi, sakit gigi yang Anda alami tidak bisa sembuh total.

Oleh karena itu, saat muncul keluhan pada gigi yang tidak bisa diatasi dalam 3 hari, segera periksakan ke dokter gigi sebelum makin memburuk. 

Anda dapat berkonsultasi kepada dokter terkait keluhan sakit gigi melalui fitur Live Chat dari aplikasi KlikDokter.

[WA]

Konsultasi Dokter Terkait