HomeInfo SehatGigi Mulut5 Langkah Membersihkan Gigi
Gigi Mulut

5 Langkah Membersihkan Gigi

drg. Arni Maharani, 03 Feb 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Gigi dan gusi sehat, pangkal hidup yang sehat. Semakin sehat gigi dan gusi Anda, semakin kecil pula risiko Anda mengalami masalah gigi dan gusi seperti gigi berlubang dan penyakit gusi. Lantas bagaimana cara merawat gigi dan gusi? S

5 Langkah Membersihkan Gigi

Klikdokter.com - Gigi dan gusi sehat, pangkal hidup yang sehat. Semakin sehat gigi dan gusi Anda, semakin kecil pula risiko Anda mengalami masalah gigi dan gusi seperti gigi berlubang dan penyakit gusi. Lantas bagaimana cara merawat gigi dan gusi?

Ada 5 langkah utama untuk merawat gigi dan gusi:

1. Menyikat Gigi

Menyikat gigi yang paling baik adalah minimal dua kali sehari, sesudah sarapan pagi dan sebelum tidur malam. Idealnya adalah menunggu kurang lebih sampai 30 menit setelah makan agar enamel gigi yang melembek karena asam saat makan menjadi kembali keras dan mudah dibersihkan.

Menyikat gigi berguna untuk menyingkirkan plak dan bakteri yang menempel di gigi. Bila Anda tidak menyikat gigi, plak ini akan bercampur dengan sisa makanan dan dirubah menjadi asam oleh bakteri penyebab gigi berlubang.

2. Flossing

Flossing adalah cara membersihkan gigi menggunakan dental floss (benang gigi). Cara ini digunakan untuk membersihkan sisa makanan dan plak yang menyelip di antara sela gigi yang sulit dicapai oleh sikat gigi. Jika plak di antara sela gigi tidak dibersihkan, akan mengeras menjadi karang gigi, dan harus dibersihkan oleh dokter gigi. Terdapat pula pasta gigi yang dapat membantu membersihkan gigi karena memiliki kandungan Microgranule yaitu butiran-butiran halus yang mampu membersihkan hingga ke sela-sela gigi dan Zinc-Citrate yang melindungi gigi dari bakteri dan plak hingga 24 jam, terinspirasi dari fungsi dental floss dan mouthwash.

3 Langkah Lainnya Membersihkan Gigi

3. Atur Pola Makan

Ingin punya gigi putih dan sehat? Hindari makan makanan manis. Gula yang terkandung dalam makanan manis akan menjadi asam penyebab gigi berlubang. Salah satu makanan manis yang harus dihindari adalah permen dan snack karena gula dalam makanan tersebut akan menempel pada jangka waktu yang amat lama.

4. Rutin ke Dokter Gigi

Mengunjungi dokter gigi tiap enam bulan sekali amat penting untuk menjaga gigi dan gusi tetap sehat. Dengan demikian gigi dan gusi bisa dibersihkan dan diperiksa secara reguler, walaupun tidak ada keluhan. Pemeriksaan berkala ini dapat mendeteksi secara dini kelainan yang terjadi pada gigi dan sekitarnya.

5. Berkumur dengan Obat Kumur Antibakteri

Sebagai tambahan, berkumur dengan obat kumur antibakteri dapat membantu membersihkan sisa bakteri pemicu plak serta berguna agar terhindar dari penyakit gusi. Berkumur dengan obat kumur dengan kandungan khusus, juga dapat dilakukan berdasarkan saran dari dokter gigi Anda.

perawatan gigiGigisakitlubangberlubangMulut

Konsultasi Dokter Terkait