Sukses

4 Hal Utama yang Berperan pada Terjadinya Gigi Berlubang

Dalam terjadinya proses kerusakan pada karies gigi ada 4 faktor yang saling berkaitan, apabila salah satu faktor tersebut tidak ada maka karies tidak dapat terjadi. Simak selengkapnya disini bersama drg. Arni Maharani.

Klikdokter.com – Gigi berlubang merupakan penyakit yang sering diabaikan namun menjadi sangat mengganggu bila sudah sampai pada tahap yang parah, dimana rasa sakit yang ditimbulkan dapat menghambat aktivitas sehari-hari dan terkadang biaya perawatannya tidak murah.  Penyakit  karies gigi atau gigi berlubang,merupakan penyakit yang banyak dialami orang dari berbagai macam usia dan lapisan masyarakat. Dalam terjadinya proses kerusakan  pada karies gigi ada 4 faktor yang saling berkaitan, apabila salah satu faktor tersebut tidak ada maka karies tidak dapat terjadi.

  • Gigi

Beberapa hal pada gigi seperti bentuk, ukuran, struktur, lapisan email, kristalografis dan faktor kimia dihubungkan dengan gigi sebagai host yang merupakan salah satu faktor timbulnya proses karies. Gigi belakang mempunyai bagian kunyah yang memiliki lebih banyak lekukan (pit dan fissure) dibanding gigi depan sehingga gigi belakang mempunyai resiko lebih besar mengalami karies. Gigi susu lebih mudah terkena karies dibandingkan gigi tetap karena struktur emailnya yang terdiri dari lebih banyak bahan organik dan lebih sedikit bahan mineral.

  • Diet makanan

Jenis makanan dan jumlah makanan yang dikonsumsi sangat mempengaruhi proses serta perkembangan karies. Makanan dan minuman yang banyak mangandung karbohidrat terutama sukrosa akan dimetabolisme oleh bakteri menjadi asam yang merusak gigi. 

1 dari 2 halaman

2 Hal Lainnya yang Berperan Pada Kerusakan Gigi

  • Waktu

Penyakit karies merupakan suatu penyakit yang bersifat kronis. Proses terjadinya lubang atau kavitas pada gigi memerlukan waktu dalam perkembangan dari suatu kerusakan lapisan gigi menjadi lubang cukup bervariasi kedalaman dan besarnya, waktu yang dibutuhkan berkisar  dari beberapa bulan sampai tahun.

  • Mikroorganisme

Bakteri merupakan mikroorganisme yang mempunyai peranan dalam terjadinya kerusakan lapisan gigi pada proses karies. Jenis bakterinya adalah Streptococcus Mutans dan streptococcus sobrinus.  Bakteri berkumpul pada permukaan gigi dalam plak dan menghasilkan asam dari metabolismenya yang menimbulkan proses demineralisasi lapisan gigi.

Jaga kesehatan gigi & mulut dengan baik. Sikat gigi 2x sehari di saat setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Pilihlah juga pasta gigi yang baik untuk kesehatan gigi, mengandung fluoride untuk membantu mencegah gigi berlubang, serta memiliki kandungan Microgranule yaitu butiran-butiran halus yang mampu membersihkan hingga ke sela-sela gigi dan Zinc-Citrate yang melindungi gigi dari bakteri dan plak hingga 24 jam.

0 Komentar

Belum ada komentar