Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
Kesehatan Anak

Jenis-jenis Alergi

dr. Dewi Ema Anindia, 03 Feb 2017

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Pengertian alergi pada dasarnya adalah reaksi tidak normal pada sistem kekebalan tubuh. Alergi ada beberapa jenis mulai dari yang tidak berbahaya hingga yang berbahaya bagi penderitanya.

Jenis-jenis Alergi

Pengertian alergi pada dasarnya adalah reaksi tidak normal pada sistem kekebalan tubuh. Alergi ada beberapa jenis mulai dari yang tidak berbahaya hingga yang berbahaya bagi penderitanya.

Hingga sekarang, para ahli belum menemukan faktor utama penyebab alergi. Namun demikian alergi bisa didapat melalui faktor keturunan. Alergi bisa muncul dan hilang. Seseorang akan terkena alergi ketika sistem kekebalan tubuhnya bereaksi berlebihan ketika mendeteksi ada zat asing masuk ke dalam tubuh.

Pada umumnya alergi tidak berakibat serius bagi penderitanya, namun dalam beberapa kasus, penderita alergi akan mengalami reaksi alergi yang dapat berakibat fatal.

Alergi tidak bisa disembuhkan secara langsung. Anda harus berkonsultasi ke dokter untuk mendapat jenis pemicu alergi yang ada guna mendapatkan perawatan yang tepat. Berikut adalah jenis-jenis alergi yang perlu Anda ketahui:

Alergi dan Jenis Pemicunya

Berikut adalah jenis-jenis alergi yang perlu Anda ketahui:

1. Alergi Makanan

Alergi makanan sering dialami oleh bayi atau anak kecil dibandingkan orang dewasa. Sebagian besar penyebabnya berasal dari protein dari susu sapi, telur, kacang, gandum, dan kacang kedelai. Gejala umumnya adalah keram perut, diare, dan mual. Pada kasus yang parah, akan terjadi muntah, pembengkakan wajah dan lidah, pusing, berkeringat, dan pingsan.

2. Alergi Saluran Pernafasan

Gejala umum alergi pernafasan adalah mata berair, gatal pada hidung, atap mulut, serta tenggorokan, batuk dan bersin-bersin. Penyebabnya bisa bermacam-macam mulai dari serbuk sari yang disebar melalui udara, debu, spora jamur, atau ludah binatang.

3. Asma

Ada berbagai macam faktor dan penyebab pemicu asma, seperti virus, paparan dari lingkungan, dan alergi pada spora jamur, bulu binatang, dan kutu debu.

4. Alergi Kulit

Penyebab alergi kulit atau eksim belum diketahui. Tapi kemungkinan disebabkan oleh kombinasi dari beberapa kondisi seperti paparan langsung kulit dengan antigen, faktor keturunan, lemahnya sistem imun, dan gangguan fungsi kulit.

5. Alergi Obat-obatan

Pemicu alergi ini adalah penisilin dalam obat antibiotik. Namun demikian, tidak berarti hanya sebatas kategori obat tersebut saja. Pemicu kategori obat-obatan lainnya juga sangat mungkin dapat terjadi.

6. Alergi Serangga

Beberapa studi berspekulasi bahwa penderita alergi makanan, obat, dan saluran pernafasan juga rentan pada alergi sengatan serangga. Penyebab alergi ini kemungkinan adalah racun di dalam serangga seperti lebah dan semut api. Meskipun terdapat pemicu alergi lainnya yang terdapat pada serangga tersebut.

susu formulaSerba-Serbi Alergi Anak

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter