Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeInfo SehatKesehatan UmumPenanganan Urtikaria
Kesehatan Umum

Penanganan Urtikaria

Klikdokter, 03 Feb 2017

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Pada dasarnya Urtikaria (Kaligata) atau biasa disebut Biduran tidak mengancam keselamatan jiwa dan dapat diatasi dengan obat-obatan. Untuk Anda yang mengalami Urtikaria akut tidak perlu panik karena gejala akan menghilang sendiri dalam beberapa hari.

Penanganan Urtikaria

Klikdokter.com - Pada dasarnya Urtikaria (Kaligata) atau biasa disebut Biduran tidak mengancam keselamatan jiwa dan dapat diatasi dengan obat-obatan. Untuk Anda yang mengalami Urtikaria akut tidak perlu panik karena gejala akan menghilang sendiri dalam beberapa hari.

Urtikaria memang selalu muncul dengan ciri-ciri kulit kemerahan atau pucat dan sedikit mononjol dari permukaan kulit. Para penderita Urtikaria juga mengalami rasa gatal dan nyeri serta rasa panas pada bagian kulit yang mengalami Urtikaria. Untuk Anda yang tidak nyaman dan mengalami berbagai masalah seperti penjelasan di atas dapat langsung pergi menuju instalasi gawat darurat terdekat dan mendapat perawatan.

Sedangkan untuk kasus Urtikaria Kronis seringkali sulit untuk diobati dan dapat berlangsung lama. Penderita Urtikaria Kronis biasanya akan mendapat suntikan dari dokter untuk membantu mempercepat pengobatan kemudian baru ditambah dengan berbagai obat-obatan lainnya. Beberapa obat yang biasa digunakan untuk mengobati Urtikaria antara lain:

Pengobatan Urtikaria

Beberapa obat yang biasa digunakan untuk mengobati Urtikaria antara lain:

  • Antihistamin (CTM),
  • Kortikosteroid (Dexamethasone atau Prednisone),
  • Epinefrin biasa digunakan untuk pasien yang mengalami masalah pernapasan) dan masih banyak lagi.

Tiap dokter akan meresepkan obat yang berbeda berdasarkan tingkat kronisnya penyakit.

Untuk Anda yang memang mengidap Urtikaria kambuhan biasanya telah mengetahui penyebab munculnya Urtikaria. Maka untuk penanggulangan, setidaknya dapat menghindari penyebab tersebut, misalnya saja akibat tungau, udara, makanan, debu, bulu binatang atau obat-obatan tertentu.

Pada dasarnya tiap dokter sangat menyarankan bagi para penderita Urtikaria untuk berkonsultasi ke dokter terdekat. Karena penggunaan obat hanya untuk mengatasi gejala alergi bukan akibat alerginya. Jadi Anda tetap harus melakukan tes alergi untuk menentukan penyebab munculnya Urtikaria pada diri Anda, kemudian menghindari berbagai penyebab tersebut. 

BayiUrtikaria Pada AnakKulit MerahUrtikariaBiduran

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter