Kesehatan Umum

Gejala & Tanda Urtikaria

Klikdokter, 03 Feb 2017

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Urtikaria atau Kaligata sangat dikenal dengan sebutan biduran oleh masyarakat awam. Penyakit ini termasuk salah satu gejala yang paling sering terlihat di UGD di berbagai rumah sakit. Urtikaria biasanya dapat terjadi karena berbagai macam sebab, salah sal

Gejala & Tanda Urtikaria

Klikdokter.com - Urtikaria atau Kaligata sangat dikenal dengan sebutan biduran oleh masyarakat awam. Penyakit ini termasuk salah satu gejala yang paling sering terlihat di UGD di berbagai rumah sakit. Urtikaria biasanya dapat terjadi karena berbagai macam sebab, salah salah satu penyebab yang paling sering adalah alergi.

Urtikaria memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Kulit pucat dan kemerahan dengan sedikit bengkak (edema) yang meradang.  
  • Daerah kulit yang terkena Urtikaria ini bervariasi dan dapat muncul di manapun.
  • Bagian yang terkena Urtikaria pun terasa lebih panas dibanding permukaan kulit lainnya serta terasa gatal.
  • Ketika bagian kulit yang terkena Urtikaria di garuk, maka biasanya bengkak akan semakin menyebar. 
  • Pada awalnya penderita akan merasa gatal pada bagian tertentu di kulit, kemudian akan muncul kulit kemerahan dan sedikit penonjolan pada kulit setelah itu barulah rasa nyeri (seperti tersengat atau tertusuk) datang.
  • Beberapa penderita Urtikaria Akut biasanya mengalami masalah pernafasan atau asma, kesulitan menelan dan masalah pencernaan. Gejala Urtikaria muncul dengan cepat dan menghilang secara perlahan. Sedangkan bagi penderita Urtikaria Kronis biasanya membutuhkan waktu lama untuk penyembuhan. 

Perbedaan Urtikaria Kronis & Urtikaria Akut

Urtikaria Kronis seringnya dialami oleh orang dewasa sedangkan Urtikaria Akut lebih sering dialami oleh anak-anak dan remaja. Beberapa penderita dapat juga mengalami demam ringan hingga tubuh tidak bertenaga. Untuk penderita yang sering mengalami Urtikaria berulang akan sulit untuk menyembuhkan Urtikaria. Karena bila tubuh kurang fit sedikit saja atau mendapat serangan virus ringan seperti Selesma (pilek) saja akan mampu memicu Urtikaria. Sedangkan bila penderita sedang dalam kondisi tubuh yang fit namun terkena alergi, Urtikaria akan tetap muncul namun dengan jangka waktu yang singkat (beberapa jam atau beberapa hari).

BayiUrtikaria Pada AnakKulit MerahUrtikariaBiduran

Konsultasi Dokter Terkait