Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeIbu Dan anakKesehatan AnakMakanan untuk Tingkatkan Daya Tangkap Anak
Kesehatan Anak

Makanan untuk Tingkatkan Daya Tangkap Anak

dr. Dyan Mega Inderawati, 13 Mei 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Untuk meningkatkan daya tangkap anak, diperlukan nutrisi yang baik dalam kesehariannya. Baca penjelasan lengkapnya di sini.

Makanan untuk Tingkatkan Daya Tangkap Anak

Asam lemak esensial merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan dalam pertumbuhan dan perkembangan otak anak. Asam lemak esensial ini adalah bahan baku dalam membentuk selubung myelin, selaput pembungkus sel saraf otak yang berfungsi mempercepat kerja otak. Dengan sempurnanya pembentukan selubung myelin ini, daya tangkap yang sangat dibutuhkan dalam proses belajarnya menjadi lebih cepat.

Selain itu, asam lemak esensial juga berperan dalam menstimulasi gen yang bertugas memproduksi sel saraf otak. Dengan stimulasi oleh asam lemak esensial, tubuh anak mampu menghasilkan lebih banyak sel-sel saraf otak yang akan menunjang peningkatan daya tangkapnya.

Walaupun beberapa jenis lemak dapat diproduksi tubuh, sayangnya jenis asam lemak esensial ini tidak dapat dihasilkan sendiri oleh tubuh dan hanya bisa didapatkan dari makanan serta suplemen. Karena itu, penting untuk mengetahui dari mana dan berapa banyak asam lemak esensial yang dibutuhkan untuk mempercepat daya tangkap anak.

Asam Lemak Omega-6 & Omega-3

Asam lemak omega-6 (asam linoleat) dan omega-3 (asam linolenat) adalah dua jenis asam lemak esensial yang sangat dibutuhkan anak untuk mempercepat daya tangkapnya.

Omega-6 terdapat pada minyak sayur, seperti minyak jagung, minyak kacang kedelai, minyak biji bunga matahari, serta kacang dan biji-bijian.

Sementara itu, ada dua jenis omega-3 yang penting yaitu omega-3 rantai panjang (eicosapentaenoic acid/ EPA dan docosahexaenoic acid/ DHA) dan omega-3 rantai pendek (alfa linolenat/ ALA). EPA dan DHA terdapat terutama pada ikan laut, seperti salmon, makarel, dan sarden. Sedangkan ALA banyak ditemukan dalam tumbuhan, contohnya biji rami, kacang kenari, dan kacang kedelai.  

Jumlah Asupan yang Tepat

Berikut adalah rekomendasi asam lemak esensial yang dibutuhkan untuk mempercepat daya tangkap anak:

  • Usia 1-3 tahun: 7 gram omega-6 dan 700 mg omega-3.
  • Usia 4-8 tahun: 10 gram omega-6 dan 900 mg omega-3.
  • Usia 9-13 tahun: 12 gram omega-6 untuk laki-laki, 10 gram omega-6 untuk perempuan dan 1200 mg omega-3.
  • Usia 14-18 tahun: 16 gram omega-6 untuk laki-laki, 11 gram omega-6 untuk perempuan, 1600 mg omega-3 untuk laki-laki, dan 1100 mg omega-3 untuk perempuan.

Contoh kandungan omega-3 dalam makanan sehari-hari:

  • 1 sendok teh minyak jagung/canola mengandung 411 mg omega-3.
  • 1 butir telur: 100 mg omega-3.
  • 114 gram tahu: 300 mg omega-3.
  • 28 gram salmon: 425 mg omega-3.

Contoh kandungan omega-6 dalam bahan makanan sehari-hari:

  • 1 sendok teh minyak biji bunga matahari: 3 gram.
  • 1 sendok teh minyak jagung: 2,4 gram.
  • 1 sendok teh minyak kacang kedelai: 2,3 gram.

Makanan BalitaDaya Tangkap Anak

Konsultasi Dokter Terkait