Sukses

Infeksi Jamur Akibat Memakai Celana Jeans

Celana jeans ternyata dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya infeksi jamur di kulit. Yuk, ketahui lebih dalam infeksi jamur akibat memakai celana jeans oleh dr. Nadia Octavia berikut ini.

Celana jeans memang merupakan pakaian yang digemari oleh banyak kalangan dan usia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Pasalnya, celana jeans rasanya cocok untuk digunakan bersamaan dengan jenis baju apapun.

Hal tersebut sering kali membuat Anda enggan untuk mencuci jeans yang sering Anda pakai. Walaupun celana jeans tersebut sudah dipakai berminggu-minggu, sebagian orang tetap enggan untuk mencuci jeans tersebut, apalagi jika celana jeans tersebut adalah celana jeans favorit.

Perlu Anda ketahui, menggunakan celana jeans yang sama secara terus-menerus tanpa dicuci dapat meningkatkan risiko Anda terkena infeksi jamur. Infeksi jamur dapat terjadi karena celana jeans pada umumnya memiliki bentuk paha yang cenderung ketat sehingga membuat bagian tersebut mudah lembap.

Infeksi jamur yang terjadi akibat memakai celana jeans yang sama secara terus-menerus adalah infeksi jamur tinea kruris. Tinea kruris dapat terjadi di kulit area genital (selangkangan), paha dan bokong. Gejala yang biasanya terjadi adalah gatal dan kemerahan pada area tersebut.

Infeksi jamur ini pada umumnya terjadi pada orang yang obesitas ataupun pada orang yang memiliki keringat berlebih. Pasalnya, jamur memang sangat senang tumbuh di area-area yang lembap, seperti bagian lipatan tubuh.

Untuk mencegah diri Anda terserang infeksi jamur, tindakan yang paling penting untuk dilakukan adalah dengan menjaga area kulit – terutama area selangkangan –tetap bersih dan kering. Di samping itu, hindari juga untuk menggunakan celana jeans yang sama selama berhari-hari, ataupun memakai celana jeans secara bergantian dengan orang lain.

Selain hal di atas, agar diri Anda tidak terserang infeksi jamur, Anda juga perlu melakukan beberapa hal di bawah ini:

  • Gunakan pakaian yang bersih dan terbuat dari bahan yang dapat menyerap keringat, seperti katun.
  • Hindari menggunakan celana yang terlalu tebal.
  • Pastikan Anda menggunakan celana jeans yang berukuran sesuai sehingga tidak terlalu ketat ketika digunakan.
  • Segera cuci celana jeans Anda setelah digunakan, terlebih jika sudah basah.
  • Jangan bertukar pakaian ataupun celana, termasuk celana jeans, Anda dengan orang lain.

Namun apabila infeksi jamur sudah terjadi, Anda dapat mengoleskan krim antijamur yang mengandung Clotrimazole ke area tubuh yang terinfeksi jamur. Jika dalam beberapa minggu infeksi jamur belum juga membaik, segera bawa diri Anda ke dokter untuk mendapatkan tindakan lebih lanjut.

1 Komentar